Historian At Work

Hehehe judulnya lebay banget ya. Soalnya Mamanya lagi senang, Reza yang biasanya susaaah sekali diajakin membuat karangan, kemarin kok ya berinisiatif sendiri mengarang note facebook.

Begini ceritanya: kemarin menjelang adzan Magrib saya lihat Reza masih didepan computer, padahal sudah cukup lama ia main. Saya ingatkan “Reza sepertinya sudah lama deh main computernya, sudah dulu ya”. Reza jawab “Reza lagi bikin note, Mama, sebentar lagi ya”. Saya dekati, wah dimeja computer ada buku tokoh Julius Caesar. Ada lagi satu buku yang dipangkunya, Alexander The Great, dan Reza lagi mengetik sesuatu. Waaah kejutan nih Reza mau mengarang. Padahal kegiatan itu biasanya paling nggak disukai Reza. Walaupun dipancing dengan topik yang disukainya, kalau diminta mengarang, wah enggak banget deh. Makanya saat Reza bilang dia lagi menulis note di facebook, saya nggak berani  mengintip tulisannya, takut dia bete dan berhenti mengarangnya.

Geli sekali melihat gaya Reza saat itu, seperti mahasiswa lagi bikin skripsi. Cepat-cepat saya ambil kamera dan mengabadikan momen itu. Reza nggak protes difoto, masih terus asik mengetik. Sampai akhirnya dia bilang “Sudah, Mama! Reza juga sudah tag Mama, Papa, adek Lukman dan Sekolah Tetum”. Sekolah Tetum itu sekolah Lukman, Reza juga lulus playgroup dan TK disana, dan masih sering main disana bahkan Jumat kemarinnya kami baru berbuka puasa bersama disana saat acara Pesantren Kilat. Ketika itu ibu-ibu ortu murid lainnya yang juga kenal Reza sempat menggodanya, menanyakan “Kok kakak Reza sukanya sejarah dunia sih” Reza menjawab dengan serius “Soalnya ceritanya sejarah dunia seru, trus kalo perang senjatanya keren-keren. Waktu ke Museum Gajah, Reza liat tuh tombaknya orang Indonesia paling cuma sekitar satu meteran. Coba bandingin sama tombak spear dari Yunani kuno yang panjangnya sampe 4 meter, atau sarissa Macedonia yang 4 sampai 7 meter panjangnya”. Ingat percakapan itu, Mamanya baru paham rupanya Reza terinspirasi dengan pembicaraan itu, dan akhirnya tergerak untuk membuat note. *Thanks to Tetum Moms yang menginspirasi Reza :-)*

Setelah selesai mengetik, saya lihat Reza selesaikan note itu dengan meng-upload gambar bikinannya sendiri (gambar tentara Romawi) dan juga foto-foto Alexander The Great hasil googling. Ketika Reza bilang note-nya selesai, dia lalu pindah dari meja computer, dan tidur-tiduran diranjangnya, menunggui sampai Papanya dan saya selesai membaca note tersebut. Reza bilang “Jangan di edit loh!” karena tahu Mamanya suka gatel melihat tulisan yang salah ketik atau salah eja. Ya sudah, Mamanya biarkan saja note itu seperti apa adanya.

Lalu karena penasaran, saya buka Wikipedia mencari info Alexander The Great karena saya baru tahu dari note-nya Reza itu kalau Alexander adalah murid dari filsuf Aristoteles, dan jadi kepingin baca referensinya. Ternyata keterangan itu benar, dan saya jadi terus membaca kisah hidup Alexander di Wikipedia.

Mosaic Battle of Issus

Ada cerita yang menarik tentang masa kecilnya. Saat Alexander baru berumur 10 tahun, ada pedagang kuda yang menawarkan seekor kuda yang masih liar kepada ayah Alexander, Phillip. Tidak ada seorangpun yang bisa menaiki kuda itu, sampai Alexander mencobanya. Ternyata ia berhasil, dan ayahnya begitu gembira dengan keberhasilan Alexander dan kemudian membelikan kuda tersebut untuknya. Saya bacakan cerita itu kepada Reza, dan sambil masih tidur-tiduran Reza jawab “Nama kudanya Bucephalus, Mama. Alexander sayang banget sama kudanya itu, kudanya mati kena tombak disaat bertempur. Setelah itu Alexander bikin satu kota yang dinamai Bucepala seperti nama kudanya”. Haaaa, rupanya bukan hanya tahu info tentang kuda Alexander itu, cerita Reza malah lebih detail dari info halaman Wikipedia yang sedang dibaca Mamanya.

Senang sekali mengetahui Reza punya pengetahuan detail tentang Alexander, dan Mamanya berharap semoga Reza terus mau menulis tentang topik dan tokoh yang lain.

Note yang ditulis Reza bisa di klik disini: Alexander Agung.

Baca juga cerita:

Liburan dan Sejarah Dunia

Obrolan Siang: Sejarah Dunia vs Sejarah Indonesia 

Sejarah, Agama dan Sejarah Agama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s