Obrolan Setelah Sahur

Pagi ini setelah selesai makan sahur Reza ngobrolin masalah kerajaan, republik dan kekaisaran Romawi. Kata Reza : “Kalau untuk kerajaan yang berkuasa raja yang dipilih klan, kalau republik yang berkuasa dua orang yang dipilih rakyat, nah kalo kekaisaran yang berkuasa kaisar Julius Caesar dan turunannya. Ada kalimat dalam bahasa Romawi SPQR: senatus populusque romanus yang artinya: senat orang Roma dan rakyat Roma, itu suka ditulis di-tameng tentaranya”.

Mamanya jadi ingat “Kalau bahasa Romawinya yang artinya aku datang, aku taklukan, aku menang apa tuh Reza?” Reza jawab: “Vini Vidi Vici, Mama. Tapi arti yg bener: aku datang, aku lihat dan aku taklukan. Mama salah sedikit”. Mamanya “Itu diucapkan Caesar pada saat apa?” Reza “Waktu lagi bertempur, kalo gak salah nama daerahnya Zela” Mama “Ooo bukan Galia seperti nama kampungnya Asterix ya?” Reza bilang “Emang ada kok bangsa yg namanya Galia”.

Versi lucu dari singkatan SPQR bahasa Italia “Sono pazzi questi Romani”, yang berarti “Orang-orang Romawi ini gila”. Kalimat ini sering digunakan dalam buku komik Asterix.

Lalu Reza lanjutkan “Itu ucapan Vini Vidi Vici diucapkan karena pertempurannya cuma berlangsung 5 hari, biasanya kan bertempur selama berbulan-bulan, tapi yang satu itu cuma sebentar. Memang kalau yang maju legioner cohort memang jago semua tuh, itu loh yang helm-nya pake bulu kaya gini nih (Reza tunjukin bukunya) dan tamengnya bulat, tapi kalo yg menengah namanya legioner medium topinya bulet aja kaya gini dan tamengnya persegi gitu”

Mamanya yang mulai ngantuk lagi bertanya: “Ada legioner yang small gak?” terus ketawa sendiri dengan pertanyaan yang konyol itu. Reza dengan muka yang rada sebel jawab : “Ya enggak lah, emang ukuran baju?”.

Begitulah cerita yang nggak nyambung antara Mamanya yang nggak suka pelajaran sejarah dan mengambil referensi dari buku komik Asterix, sementara Rezanya senang pelajari referensi dari buku sejarah dunia dan Wikipedia hihihi….

2 thoughts on “Obrolan Setelah Sahur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s