Launching Buku H. Agus Salim “Pesan-pesan Islam”

Mungkin untuk anak seumuran Reza acara launching buku yang diperuntukan bagi pembaca dewasa tidak akan menarik sama sekali. Tapi bagi Reza yang selalu ingin tahu dan bangga dengan ancestor-nya juga suka sekali dengan sejarah, mendengar ada acara ini jadi kepingin sekali menghadiri acara tersebut. Apalagi lokasinya di Museum Gajah (Museum Nasional) yang belum pernah dikunjunginya, waaah makin kepingin ia datang.

Kebetulan hari yang sama saya ada acara disekolah Lukman, orientasi orangtua murid, yang juga penting untuk dihadiri. Jadilah Reza berdua Papanya saja pergi ke acara launching buku tersebut.

Buku Pesan-pesan Islam tersebut berisi rangkaian kuliah lisan mengenai agama Islam dan riwayat hidup Nabi Muhammad SAW yang diberikan H. Agus Salim  ketika menjadi guest lecturer di Cornell University pada Semester Musim Semi 1953. Bukan main ya, kalau biasanya kita mendengar mahasiswa kita bangga bila berkesempatan belajar di Cornell University, ternyata H. Agus Salim ditahun 1953 itu malahan memberi perkuliahan sebagai dosen tamu. Beliau kemudian berpulang kehadirat Allah pada tanggal 4 November 1954 diumurnya yang ke 70.

Sepulang dari acara tersebut, mukanya Reza berseri-seri. Senang ia berjumpa saudara-saudaranya yang datang ke acara launching tersebut, dan laporan “Ada banyak wartawan dan crew station tivinya, Mama, dari M*t*o TV,  S*TV, lalu Reza dapat tandatangan opa Emil, oma Bibsy, dan opa Siddiq”. Saya iseng tanya “Memang Reza tau, siapa oma Bibsy, opa Siddiq?” Reza bilang “Itu anak-anaknya Haji Agus Salim, oma Bibsy anak kedelapan, kalo opa Siddiq anak bungsunya. Emang Mama gak tau?” hehehe…

Sesudah acara selesai, ditutup dengan makan siang, Reza ajak Papanya keliling museum. Karena museum itu luas sekali, Reza tidak sampai keliling ke seluruhannya, sudah cukup pegal berjalan.

Ini dia foto-foto di acara yang sangat berkesan untuk Reza😉

Pada acara launching buku tersebut, ada ditayangkan satu slideshow yang diputarkan, isinya adalah foto-foto kenangan ketika H. Agus Salim berangkat ke Amerika, juga ketika berada disana dan pulang kembali ke kampung halaman. Berikut ini slideshownya.

Related post: Reza’s Story

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s