Obrolan Siang: Sejarah Dunia vs Sejarah Indonesia

Selama ini Reza hobby banget baca buku2 Sejarah Dunia, begitu juga dengan buku2 tentang tokoh dunia. Saat lagi libur ini, dia suka bikin kuis sama uda Ivan, beradu pengetahuan IPSnya. Masing2 bergantian kasih pertanyaan yang harus dijawab lawannya dengan benar. Kalau da Van tentunya lebih tahu banyak krn sudah mau kls 1 SMP, jadi dg pertanyaan2 yg diberikan da Van  jadi bertambah ilmunya Reza. Sebaliknya, pertanyaan dari Reza suka bikin bingung da Van menjawabnya. Reza suka menanyakan soal sejarah dunia yang detail, yang belum dipelajari di SD. Contoh pertanyaan Reza: bangsa muslim mana yang menginvasi Spanyol dijaman dulu? Hehehe jangankan da Van, Mamanya aja nggak tahu jawabannya. Sampai2 harus googling dulu utk cek betul apa enggaknya jawaban Reza: bangsa Moor. Ternyata betul, dizaman pertengahan bangsa Moor menaklukan semenanjung Iberan (termasuk wilayah Spanyol & Portugis masa sekarang).

Mendengar pertanyaan2 Reza yang selalu mengenai sejarah dunia, Mamanya minta Reza pelajari juga sejarah bangsa sendiri, seperti contohnya jaman kerajaan Majapahit, tentang Gajah Mada dan sumpah Palapa. Reza jawab “Nggak ah, kurang seru kalo perang di Indonesia cuma pake celana (haaa?) nggak pake tameng, atau baju zirah gitu. Terus tombaknya tombak biasa, bukan  seperti tombak Sarisa yang panjangnya bisa sampai 4-7 meter di Macedonia kuno. Terus nggak ada Javelin man yang tugasnya khusus melempar tombak seperti di Iran ada Kurdish Javelin man. (Mamanya mana tahu lah ya soal Sarissa dan Javelin man ini). Di Mesir kuno aja yang senjatanya nggak terlalu canggih perangnya kedua terbesar: pertempuran Kadesh, antara bangsa Hitite dari pegunungan Anatolia melawan bangsa Mesir kuno yang rajanya Ramses II itu”. (Glek, Mamanya nggak tahu tentang pertempuran itu, boro2 tahu bangsa Hitite dari pegunungan Anatolia denger namanya aja baru hari ini).

Reza masih terusin argumennya “Terus bentengnya kalau diluar negeri gede2 seperti Tembok Cina, di Indonesia palingan dari kayu. Kalau ada benteng yang bagus pun peninggalan bangsa Belanda seperti benteng Rotterdam di Sulawesi  itu” (huaaa Mamanya juga nggak tahu benteng Rotterdam itu, emang di Indonesia ya?). Terus strategi perangnya ada nggak yang pake dinding perisai seperti tentara Anglo Saxon? Atau strategi Phalanx gitu yang di Yunani kuno: 500 tentara membuat formasi bentuk segitiga penuh, atau segitiga tanpa sisi bawah, atau yg umum bentuk kotak”.

Masih lanjut Reza tentang senjata perang: “Kalo senjata Indonesia selain keris apa, Mama? Kalo diluar negeri ada Halberd seperti tombak gitu tapi ada kapak diujungnya. Terus ada ada pedang melengkung Falx di Dacia, kerajaan kuno di Yunani, yang dipegang Dacian Falxmen (hasil googling Mamanya: versi ukuran kecilnya bisa dibayangkan seperti sabit di Indonesia). Kalo gladiator yang di Roma itu artinya tentara berpedang, tapi sebetulnya nggak cuma megang pedang, tapi juga trisula dan jaring besi yang untuk menangkap musuh. Trus ada battering ram, yang digunakan sambil lari untuk ditubrukin ke gerbang atau dinding benteng musuh. Namanya ram yang artinya kambing, karena dijaman dulu itu memang gunakan besi berbentuk kepala kambing diujungnya. Selain itu ada juga catapult atau katapel raksasa, dan ballista atau crossbow raksasa” (Mamanya mulai puyeng denger semua detail persenjataan ini).

Reza masih semangat melanjutkan argumentasinya (mungkin dia pikir jarang2 nih Mamanya nanya soal sejarah, dijelasin aja semua sekalian): “Ada nggak kerajaan yang sampai meng-invasi seluruh Indonesia? Sedangkan Kubilai Khan aja bisa sampai ketanah Jawa, walau nggak menang sih…” Mamanya yang memang nggak suka pelajaran sejarah waktu sekolah dulu nggak bisa jawab, jadi mengalihkan pembicaraan dengan bertanya “ Emmm… memang Kubilai Khan itu siapanya Genghis Khan?” Pertanyaan iseng buat nggodain itu dijawab serius sama Reza “Kan itu cucunya!” hahaha… Mamanya langsung kabur keluar kamar.

Gimana ya caranya supaya Reza tertarik sama sejarah negeri sendiri? Ada yg punya cerita sejarah Indonesia yang ‘seru’kah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s