Obrolan Reza Tentang Lukman

Dua hari yang lalu, Paman Gery, penyiar favorit anak-anak di FeMale Radio telepon saya, minta ijin untuk ngobrol dengan Reza tentang adek Lukman. Ia ingin merekam, bagaimana sih pendapat Reza sebagai kakak tentang autisnya adek Lukman. Saya setuju saja, dan sempat ceritakan pada Paman Gery bahwa Reza tetap mau main sama adeknya meskipun adek Lukman masih belum bisa berbagi, dan sering mau menangnya sendiri kalau main bersama, karena memang pemahamannya Lukman untuk kedua hal itu belum baik. Setelah ngobrol sebentar, Paman Gery akan telepon lagi sorenya saat Reza sudah pulang sekolah.

Paman Gery memang sudah lama kenal dengan Reza. Sejak masih sekolah TK, Reza saya ajak mendengarkan Dongeng Pagi-nya FeMale Radio setiap pagi. Ini saya lakukan karena melihat Reza saat itu terlalu suka dengan tivi, dari pagi saat bangun tidur langsung mantengin tivi, padahal kadang film kartun yang ditayangkan tidak mendidik, banyak adegan kekerasannya. Ketika sudah berkenalan dengan program Dongeng Pagi, ternyata Reza menyukainya, apalagi sesudah dongeng biasanya Paman Gery memberikan pertanyaan, dan dijawab pendengar ciliknya lewat sms. Saya senang dengan program Dongeng Pagi,  karena cerita-ceritanya selalu berisi pesan moral, mengajarkan yang baik pada anak, dan juga menambah pengetahuan anak-anak dengan cara yang mengasyikkan untuk mereka. Paman Gery juga selalu menyapa anak-anak, membangunkan mereka dipagi hari dengan candanya, menasihati kakak-adik yang sedang berantem, memang ia dekat dihati pendengar ciliknya. Bahkan sampai ada anak yang ngambek nggak mau berangkat sekolah, karena Paman Gery belum membacakan smsnya😀 Sejak di TK sampai sekarang, Reza sudah cukup sering bertemu Paman Gery, sering mengikuti kegiatan FeMale Radio dan pernah bertemu Presiden RI karena FeMale Radio (baca: The Road To Presidency).

Kembali ke cerita sebelumnya, sesampainya Reza dirumah, saya beri tahu kalau Paman Gery mau telpon dan ngobrol tentang adek Lukman. Reza cuma mengiyakan, nggak tanya apa-apa lagi, jadi saya pun nggak membahas lebih lanjut. Ketika Paman Gery telepon dan ngobrol dengan Reza saya tidak tahu apa saja yang ditanyakan. Sesudah ngobrolnya selesai, waktu saya tanyakan apa saja yang ditanya, jawab Reza: “Lupa, Mama” bikin penasaran saja.

Ketika keesokan harinya mau berangkat sekolah, Reza pesan: “Direkam ya Mama” hehehe tentu saja, dong. Selesai mengantar Lukman kesekolah, saya langsung siapkan kaset untuk merekam. Tepat jam 07.30 Paman Gery mulai program Parenting FeMale Club-nya. Topik hari itu rupanya membahas value kedewasaan pada anak-anak. Ada dua hal yang dibicarakan, yaitu mengenai anak-anak yang diusianya yang masih muda sudah punya konsep kebijaksanaan, sudah lebih dewasa dari teman-teman seumurnya, dan satu lagi mengenai anak-anak yang terenggut masa kanak-kanaknya karena satu dan lain hal.

Untuk topik bahasan pertama, yang diberi contoh adalah rekaman percakapan Paman Gery dan Reza. Ketika mendengarkan rekaman percakapan itu seutuhnya, waaaahhh saya jadi hiks hiks, langsung ngembeng deh airmata ini. Percakapannya saya tuliskan dibawah ini.

G: Halo Reza, paman Gery boleh nanya nggak?

R: Boleh

G: Reza, kalau adek Lukman itu… Reza tahu nggak… kenapa?

R: Lukman ada autisnya…

G: O adek Lukman autis, ada kebutuhan khususnya. Memang Reza ngerti, autis itu apa?

R: Mmm… agak ngerti dikit.

G: Kaya apa ngertinya, certain dong…

R: Itu kayak mmm… autis itu… apa yang… ehm eh nggak tau deh…

G: Ok.. gini, Reza suka main sama adek nggak?

R: Suka

G: Bisa, main sama adek?

R: Bisa

G: Tapi kadang-kadang pernah bingung nggak main sama adek?

R: Pernah

G: Kaya gimana bingungnya, kaya gimana?

R: Kaya… pas itu lagi main biasa-biasa, tau-tau dia nggigit seperti serigala yang di film, atau kadang ada adegan tokoh yang ngeludah, Lukman suka ngikutin…

G: Ooo terus kalau kaya gitu, Reza gimana ke adek?

R: Yaaa suka bilang “nanti Reza bilang Mama lho” atau langsung lari trus bilangin ke Mama

G: Aku mau nanya sama Reza, pernah sebel nggak kalau main sama adek? Ayo jujur…

R: Pernah…

G: Kenapa sebelnya?

R: Karena itu… sering dipukul-pukul, tapi kalau balas ke adek, Mamanya malah marahin Reza…

G: Ooo…. Adek mukul-mukul Reza kenapa? Kan memang… Adek mungkin nggak sengaja ya… atau sengaja?

R: Kadang-kadang sengaja kadang-kadang nggak sengaja

G: Terus Reza nggak mau bales?

R: Kadang mau bales…

G: Pernah bales?

R: Pernah…

G: Tapi kalau Reza sama adek, suka ngajarin juga nggak?

R: Suka… pas ngeludah gitu Reza bilang “Lukman, jangan ngeludah, itu jooorrrook!”

G: O gitu…. Jadi Reza ngajarin gitu ke adek: “jangan yaa..”

R: Iya…

G: Nah Reza kan suka ngajarin adek gitu, kan tadi Reza bilang adek punya kebutuhan khusus kan, tapi… sayang?

R: Sayang…

G: Beneeer?

R: Bener…

G: Tapi kok waktu itu pernah sebel-sebel juga?

R: Ituuuuu….. ya sebel-sebel dikit laah…

G: Hahaha…. Nah Reza kan sekarang jadi kakaknya, nanti sampai tua nanti juga kakak terus kan?

R: Iya…

G: Berarti mesti jagain terus adek dong?

R: He em

G: Mau?

R: Mau

G: Bener?

R: Bener

G: Kenapa mau?

R: Karena Lukman kan adek Reza

G: Kenapa?

R: Karena Lukman kan adek Reza, kalo misalnya Mama-Papa pergi ya Reza yang harus jagain, bukan Mbak…

G: Oh ok, jadi Reza yang harus jagain adek…

R: He em…

G: Siap nggak?

R: Siap!

G: Pinter!… Reza… Reza… Tapi kalau sebel-sebel pernah, seneng juga pernah dong?

R: Iyah

G: Makasih ya…

R: Iya

G: Dadah Reza…

R: Daaaaah…

Terharu dan geli hati saya mendengar kepolosan Reza saat menjawab, sekaligus bangga dengan pemahamannya atas kondisi autisnya adek Lukman. Semoga Reza akan terus bersikap seperti itu dan dapat melaksanakan amanat Papa Mamanya menjaga adek Lukman dimasa mendatang. Amin ya rabbal alamin….

Baca juga cerita: Adikku Autis, Dan Aku Sayang Dia dan Autism Awareness Month April 2013

Berikut ini kutipan rekaman program FeMale Parenting Club:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s