Lukman Membaca, Lukman Membuat Cerita

Lukman Membaca

Lukman sekarang ini sudah mulai memasuki tahapan belajar membaca dan menulis. Tidak mudah untuk ‘mengajak’ Lukman belajar dua hal itu. Pertama memang karena ia masih belum baik rentang konsentrasinya. Kedua, nyata betul terlihat kalau dia merasa belum pede dan menghindar dari kedua kegiatan tersebut karena merasa belum bisa.

Karena itu terapisnya harus pintar mencari cara agar Lukman mau belajar membaca dan menulis. Karena Lukman sebetulnya sudah bisa membaca per huruf, membaca per suku kata, namun masih sulit untuk merangkai suku kata tersebut menjadi kata yang utuh. Namun untuk kata yang sudah dikenal bentuknya, Lukman dapat dengan sigap membacanya. Dan untuk kata-kata tersebut, Lukman sudah baik pemahamannya.

Contohnya, Lukman diminta terapisnya membaca kelompok kata dibawah ini:

sapi

semut

coklat

mata

burung

kaki

Ketika diminta membaca, cukup lancar untuk kata yang sudah dikenalnya seperti: sapi, burung, namun membaca yang lain ia hanya diam. Tapi ketika diminta melingkari kata yang disebutkan, Lukman bisa melakukan dengan cepat dan benar.

Selesai mengidentifikasi, diminta Lukman lakukan pengelompokan. Ia langsung bisa mengelompokan mana kata yang termasuk dalam kelompok hewan. Setelah pengelompokan, dibuat pernyataan dan Lukman membuat tanda centang pada jawaban yang benar. Contoh: “Aku suka makan ini, rasanya manis” Lukman memberi tanda centang pada ‘coklat’.

Cara belajar membaca yang lain adalah dengan minta Lukman membaca sendiri dan menghubungkan kata yang berkaitan. Seperti di gambar berikut:

Lukman Membuat Cerita

Pada terapi hari ini, Lukman diminta membuat cerita dalam bentuk gambar yang bertahap. Awalnya Lukman diberikan contoh oleh terapisnya seperti apa yang dimaksud dengan cerita dalam bentuk gambar, lalu kemudian diminta membuat cerita sendiri. Lukman membuat cerita tentang kunjungan ke Zoo (ia lebih sering bilang Zoo, padahal tahu bahasa indonesianya kebun binatang hehe).

Berangkat ke Zoo

Digambar pertama terapisnya memulai dengan membuat gambar mobil. Lalu Lukman melengkapi dengan menggambar dirinya “Aku dibelakang” dan… gambar Mamanya yang sedang menyetir “Mama ngg… setir”.

Sampai di Zoo

Gambar kedua seluruhnya dibuat Lukman. Dimobil tetap ada Mama dan Lukman, dan Lukman katakan “Sampai deh di Zoo”.

Beli boneka di Zoo

Di gambar berikutnya, Lukman menceritakan “Aku dan Mama beli boneka binatang”. Rupanya dia teringat pengalamannya ketika pergi ke Taman Safari, dan disana beli boneka gajah di toko cinderamata.

Sampai dirumah

Cerita ditutup Lukman dengan adegan mobil yang sudah sampai didepan rumah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s