Reza: Hasil Belajar Sendiri

Semester ini saya ‘lepaskan’ Reza belajar sendiri. Setelah mengalami tantrumnya Reza ketika UAS semester lalu (baca cerita: Rapor Reza), saya konsultasi dengan beberapa teman yang psikolog, menanyakan bagaimana sebaiknya gaya belajar yang diterapkan pada Reza. Setelah mendapat berbagai masukan, akhirnya semester ini saya coba biarkan Reza yang menentukan sendiri apa yang perlu diulang dipelajarinya dirumah.

Ulangan Harian pertama hasilnya cukup lumayan, kecuali Arabic dan Pelajaran Agama Islam. Keduanya semester ini menekankan tulisan Arab sambung, yang nggak mengherankan kalau sulit banget bagi Reza yang baru saja dapat mengatasi kesulitan dalam menulis huruf latin biasa.

Saat Ulangan Harian kedua Reza sakit cukup lama, sampai sempat akan di opname (syukurlah tidak jadi). Akibatnya dia mengikuti ulangan susulan, dengan persiapan yang tidak semantap biasa. Akibatnya turun semua nilainya, kecuali Science, Social & English yang tetap bertahan bagus.

Untuk UTS, hasilnya cukup baik kecuali Agama Islam (tetap kesulitan dengan  tulisan Arab tsb). Ketika UTS, yang saya bantu belajar hanya untuk English, itu karena saya geregetan waktu saya iseng test nama-nama hari dlm bhs Inggris kok Reza banyak lupanya. Akhirnya saya ajak belajar seperti biasa: dibahas tiap halaman buku pegangannya (teteeup nggak bisa nahan diri utk ‘to be in control‘ :D)

Jadi kalau menurut saya sendiri lumayan lah ya hasilnya, walau dilepas sendiri cara belajarnya Reza. Sayangnya utk Arabic dan Agama Islam malah tidak ada kelas remedial, jadi ya nggak ada bantuan khusus disekolah, dan saya tidak bisa membantu juga dirumah.

Walaupun nilai-nilainya cukup baik, yang saya perhatikan motivasi Reza ke sekolah makin menurun. Reza makin susah dibangunkan di pagi hari dengan berbagai alasan, dan moodnya makin bete kalau sudah mulai minggu ulangan. Kata “bosan” dan “nggak menarik” sering sekali dia lontarkan😦

Hmmm…. masih banyak ‘pe-er’ nih untuk Mamanya.

2 thoughts on “Reza: Hasil Belajar Sendiri

Leave a Reply

