Inspiring Teacher

Beliau sangat menginspirasi saya, baik dari luasnya pengetahuan yang dimilikinya, gayanya yang unik, caranya mendekati murid-muridnya dengan menjadi teman, dan above all: kerendahan hatinya untuk berusaha mengerti jalan pikiran murid yang diajarnya.

Kemarin di worksheet PKNnya Reza (kelas 3 SD) ada soal seperti ini:

“Menghormati bapak dan ibu guru disekolah dapat dilakukan dengan cara: _______”

Reza menulis jawabannya: “Diam”. Jawaban ini dinilai salah oleh ibu guru. Saya jadi bertanya pada Reza: “Kok jawabnya diam?” Reza bilang “Iya, kan kalau bu guru menerangkan pelajaran kita harus diam” Hm bener juga ya, lalu saya beritahu “Tapi Reza kurang menulis keterangannya, dan karena cuma ditulis diam saja jadi salah deh. Seandainya Reza tulis: Diam bila guru sedang menerangkan pelajaran pasti akan dinilai benar sama bu guru”. Ini jadi pelajaran untuk Reza supaya menulis apa yang dimaksudnya dengan lengkap.

Setelah kejadian hari itu pikiran saya jadi menerawang, teringat pada seorang guru Bahasa Inggris di SMA (salah satu SMA negeri favorit, long-long time ago hehe) yang berkesan sekali buat saya namanya Ibu Akihary Siwabessy. Ketika itu saya duduk di kelas dua, dan ibu guru tersebut baru pindah tugas mengajar ke sekolah kami. Beliau sudah cukup berumur, meskipun begitu penampilannya membuat murid-murid terpesona. Dihari pertamanya mengajar beliau mengenakan blus bunga-bunga, rok merah, dan dilengkapi tas dan sepatu merah. Keruan murid-murid langsung heboh, dan murid-murid kelas-kelas sebelahnya jadi ikut mengintip, seperti kedatangan seorang selebritis saja. Dihari-hari berikutnya penampilan beliau selalu seperti itu, penuh gaya, seronok kata orang Malaysia, membuatnya berbeda dari guru-guru lainnya.

Bukan hanya penampilan fisik saja, gaya beliau mengajarpun sangat unik. Beliau mengajar dengan sangat menarik, bukan hanya bahan-bahan ‘by the book’ namun beliau juga memperkenalkan pada murid-muridnya gaya bicara slang dalam bahasa Inggris, membahas kalimat-kalimat yang didengar di film, diskusikan berita yang ada di tivi dengan sangat kreatif sekali sehingga jam pelajaran beliau menjadi favorit banyak murid ketika itu. Contoh gaya uniknya ketika mengajar jika beliau ingin meyakinkan murid-muridnya mengerti, beliau tidak akan bertanya “Sudah jelas?” tapi akan bertanya seperti ini: “Got it?” waaah pokoknya buat kami beliau itu ngepop banget, keren banget, sangat kreatif dan mengesankan betapa luasnya pengetahuan yang dimiliki beliau.

Satu hal yang paling berkesan untuk saya adalah ketika beliau bertanya kepada salah satu murid dan murid itu memberikan jawaban yang salah. Alih-alih menyalahkan, beliau malah bertanya kepada murid tersebut apa yang ada dipikirannya sampai mendapat jawaban yang diberikannya itu. Jadi beliau berusaha mengerti jalan pikiran muridnya, agar dapat mengarahkan ke jawaban yang benar.

Waaah saya betul-betul kagum sama beliau ketika itu, dan jadi berkesan sekali dengan kerendahan hati beliau yang tidak langsung menyalahkan, tapi berusaha mengerti kenapa muridnya sampai terpikir untuk memberikan jawaban yang berbeda.

Bu Akihary Siwabessy, beliau sangat menginspirasi saya, baik dari luasnya pengetahuan yang dimilikinya, gayanya yang unik, caranya mendekati murid-muridnya dengan menjadi teman, dan above all: kerendahan hatinya untuk berusaha mengerti jalan pikiran murid yang diajarnya.

2 thoughts on “Inspiring Teacher

    • Hehe iya kak Endah, sudah bisa keluarin like/sharenya, tapi belum bisa menampilkan berapa kali dishare, masih belum ketemu plug in nya.
      Gambarnya boleh dapat dari mas google. Sebetulnya saya kepingin tampilkan foto beliau, tapi sudah lost contact dan foto2 SMA sudah nyelip nggak tahu dimana… hiks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s