Reza Di Sekolah Tetum Bunaya

Liburan Lukman akhir tahun lalu lebih sebentar dari liburannya Reza, 3 Januari 2011 Lukman sudah masuk, sedangkan Reza masih tanggal 10 Januari 2011 masuk sekolahnya. Karena itu semua kegiatan liburan kami lakukan sebelum Lukman masuk sekolah. Nah akibatnya ketika Lukman sudah mulai masuk, untuk Reza jadi tidak ada kegiatan apa-apa. Sementara itu kami tidak bisa jalan-jalan jauh, karena Lukman harus diantar jemput, dan tidak enak juga kalau mau jalan-jalan hanya berdua Reza.

Kebetulan saat masih libur saya dan Reza mampir ke sekolahnya Lukman, untuk mengambil formulir pendaftaran masuk SDnya Lukman (yeeey, Lukman sudah mau jadi anak SD!) waktu itu Reza habis les renang. Ketika saya bicara dengan Ibu Endah Soekarsono, kepala sekolah, Reza lihat sana lihat sini, dan akhirnya diajak keliling oleh Ibu Endah, menengok kura-kura yang sudah dikenal Reza sejak masih sekolah di TK Tetum, mengelus-elus kelinci dikandang bambu, melihat empang berisi ikan nila dan ikan lele dihalaman belakang, dan ngadem di saung dihalaman samping sekolah.

Ketika ditawarkan Ibu Endah untuk memberi makan ikan, Reza langsung teriak “Iya, Reza mau” lalu asiklah dia memberi pelet untuk sang ikan.  Rencana mampir yang cuma sebentar akhirnya jadi cukup lama, dan itupun Reza dipaksa pulang karena kita sudah ada rencana untuk nonton film bersama Lukman dan uda Ivan. Melihat antusiasme Reza, Ibu Endah ajak Reza untuk ikut bermain dan belajar di sekolah Tetum saat sudah mulai masuk sekolah lagi. Tentu saja Reza mau, semangat sekali dia.

Dihari pertama Lukman mulai sekolah, tidak ada keluhan dari Reza maupun Lukman untuk bangun pagi kembali seperti biasa. Cukup saya bilang “Yuk bangun Reza, kan mau ke Tetum hari ini” dia langsung duduk dan cengengesan senang. Begitu juga Lukman, karena melihat kakaknya sudah bangun, dia nggak sulit untuk diajak bangun juga. Pokoknya semua kegiatan rutin sebelum sekolah: sarapan, mandi, bersiap-siap, dilakukan dengan senang hati oleh keduanya, luar biasa deh.

Reza ikut ‘bermain’ di STB selama 3 hari, karena hari Selasa dan Kamis tetap les renang (kegiatan ini juga dia sedang semangat sekali belajarnya) jadi cuma Senin, Rabu dan Jumat Reza ke STB. Reza tidak terlihat canggung, sangat menikmati kegiatan dikelas. Apalagi ketika itu tema belajarnya tentang hewan, dan juga ada percobaan science, semua yang disukai Reza.

Kami senang sekali di akhir liburannya Reza bisa mendapat pengalaman yang menyenangkan, dan jadi seperti diberi suntikan motivasi bahwa belajar itu menyenangkan. Semoga hal ini dapat menambah semangatnya dalam menghadapi semester yang akan datang disekolah.

2 thoughts on “Reza Di Sekolah Tetum Bunaya

  1. Hi hi … seminggu bersama Reza rasanya seru. Tiap orang pasti punya kesan berbeda. Kak Wiwik punya cara tersendiri untuk menyambut “tamu istimewanya”: poster buatan mamanya Reza sekitar 3 tahunan lalu, yang masih disimpannya. Anak-anak Merkurius juga menyambut Reza dengan gembira, dan menganggapnya sebagai bagian dari mereka. Apalagi Reza juga menempatkan diri dengan alami: tidak merasa lebih pintar, lebih besar atau lebih tahu (padahal, pastinya iyalah). Bahkan dia mau menyimak penjelasan cara merawat kelinci dari Ariel yang disebutnya “ahli kelinci”. Saya sendiri seperti bertemu dengan seseorang yang sangat saya kenal. Suatu pagi saya bilang, “Reza, aku peluk ya.” Hi hi Reza tersenyum sambil menjauhkan badannya. Terus saya bilang lagi, “He he masa mau dipeluk ya.”
    🙂

    • Hahaha Reza sekarang sudah menuju ABG, sudah sadar diri, dan tentunya malu kalau dipeluk😀
      Padahal kalau dirumah, manja2nya minta ampun, saingan sama adeknya dalam hal minta dicium atau dipeluk Mamanya. Tapi diluar rumah dia sudah mulai jaim, hehehe.
      Salut buat kak Wiwik yang masih menyimpan poster child of the week! Rupanya itu yang membuat Reza jadi kepingin membawa brosur yang ada foto dirinya dicover depan. Brosur itu kami simpan dg baik, dan Reza dg bangga membawanya ke STB dan memperlihatkan pada adik2 dikelas!
      Terimakasih kak Endah sudah memberi kesempatan pada Reza untuk belajar dengan menyenangkan di STB!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s