Bertemu Bagong Di Godong Ijo

Pertama kali kami tahu tentang Godong Ijo adalah dari sekolahnya Lukman, sekolah Tetum Bunaya, yang pada field tripnya di akhir semester ini mengajak anak-anak ke Godong Ijo (GI). Mendengar lokasinya tidak begitu jauh, tambah lagi melihat foto-fotonya Lukman ketika berkunjung kesana, saya langsung mengajak Papanya untuk berkunjung ke GI saat liburan ini. Apalagi begitu lihat foto-foto kunjungan Lukman ke GI Reza langsung menuntut “Reza juga mau dong kesini, mau lihat Bagong!” Bagong adalah mascot GI, seekor kura-kura raksasa berumur 19 tahun yang berasal dari kepulauan Aldabra di Afrika.

Akhirnya dipenghujung bulan Desember kemarin kami jadi pergi kesana. Dari rumah berjalan santai tidak sampai 40 menit kami sudah tiba di GI. Begitu parkir, mata kami langsung sejuk oleh pemandangan kolam ikan yang teduh. Saung-saung disekeliling kolam terlihat cukup sepi, dan sebelahnya adalah lokasi bibit-bibit pohon dan bunga-bungaan, menambah segar suasana. Masuk lebih kedalam, kami lebih kagum lagi karena lebatnya pohon-pohonan disana, serasa masuk miniaturnya Kebun Raya Bogor.

Begitu masuk dan melihat papan petunjuk hewan-hewan disana, Reza langsung lari paling depan ke lokasi ikan raksasa jenis Arapaima dari sungai Amazon. Dua ekor ikan Arapaima di GI ini lebih kecil dari saudaranya yang ada di area air tawar TMII, yang baru saja bulan lalu kami lihat. Walaupun begitu yang di GI ini sudah ada 1 meter panjangnya. Memang Arapaima dewasa bisa mencapai 4,5 meter panjangnya! Masih disekitar itu juga ada ular sanca batik yang berumur 15 tahun, dan juga ikan-ikan buaya.

Walau sudah melihat ketiga jenis binatang plus kolam yang berisi ikan-ikan koi yang indah, Reza masih melesat lagi mencari si Bagong. Akhirnya ketemu juga, dihalaman belakang. Kelihatan sekali si Bagong memang kura-kura yang ramah. Begitu anak-anak sampai dikandangnya, Bagong langsung mendekat, dan membiarkan kepalanya dielus. Bahkan satu kakinya dikeluarkan seolah-olah ingin keluar bermain bersama. Karena memang biasanya pengunjung boleh masuk kedalam kandang, kami cari-cari petugas yang  bisa mengijinkan kami masuk. Namun ketika ditanyakan, mereka katakan Bagong sedang sakit, jadi kali ini kami tidak bisa lebih mendekat lagi.

Dari sana, lagi-lagi Reza sudah melesat pergi, melihat ke bagian lain GI. Karena begitu tertarik melihat tanaman dan bibit-bibit pohon dan bunga, Reza langsung kembali ketempat pemancingan. Tengok sana, tengok sini, Reza langsung minta disewakan joran. Ia pergi ke kolam kecil, yang walaupun cukup luas namun dalamnya tidak sampai satu meter. Berdua dengan uda Ivan, Reza langsung serius menunggui jorannya bergerak. Tidak lama kemudian, bahkan Reza masih menyandang tas ranselnya, joran Reza bergerak-gerak dan seekor ikan emas berhasil didapatkannya! Waduh, langsung Reza dan Ivan tambah semangat menunggui jorannya. Lukman yang kurang sabar dengan acara menunggu ikan tersebut kaburrr ke kolam yang lebih besar. Papanya langsung mendampingi, karena kolam besar itu sampai 5 meter dalamnya. Lukman minta naik ke perahu yang juga berbentuk saung, tanpa takut berdiri dipinggir perahu. Mamanya saja yang kawatir melihatnya.

Tidak lama kami diatas perahu itu, terdengar Reza berteriak gembira. Satu lagi ikan emas didapatkannya! Uda Ivan makin penasaran, sementara Reza makin semangat. Puas melihat-lihat kolam yang besar, Lukman kembali ikut menunggui kakak-kakaknya memancing dikolam kecil, sehingga kami betul-betul melihat ketika Reza kembali beruntung mendapatkan ikan emas ketiganya.

Setelah berhasil mendapat 3 ekor ikan, kelihatannya ikan-ikan dikolam tersebut sudah mulai kenyang. Walau perut sudah mulai keroncongan, kami terpaksa bersabar, karena Reza masih kepingin terus memancing. Tidak sukses dengan pellet, akhirnya Reza mengganti umpannya, menggunakan cacing hidup.

Namun karena tidak berhasil juga, akhirnya kami harus cukup puas dengan 3 ekor ikan emasnya Reza, dan membawa ikan-ikan tersebut pulang kerumah. Reza kelihatan senang sekali dengan tangkapannya itu, dan sempat meminta agar ikan-ikan tersebut dipegangnya saja sepanjang perjalanan kembali kerumah😀

7 thoughts on “Bertemu Bagong Di Godong Ijo

  1. Oh, ternyata foto Lukman dan papanya itu di perahu ya. Saya malah nggak tau ada fasilitas seperti itu (karena nggak ada dalam paket juga). Lucu ya, seperti di mana gitu.

    Oh Bagong sedang sakit ya. Aduh mudah-mudahan dia cepat sembuh, supaya bisa menyenangkan banyak anak.

    Ikan Reza masih hidup hari iini?

    • Iya, tepatnya sih saung terapung kali ya, dan kita juga nggak gunakan saung itu ketengah, karena lagi nggak ada yang operasikan. Lumayan deg2an sih walaupun masih dipinggir kolam, tiap kali kami berubah posisi saung perahunya goyang2 gitu….

      Bagong lagi sakit. Reza yang penasaran banget yang cari2 petugas untuk tanyakan bisa nggak masuk kedalam kandangnya. Semoga Bagong cepat sembuh ya…

      Ikannya Reza langsung mati satu sampai dirumah, langsung digoreng. Dua lagi sempat bertahan, tapi pagi besoknya juga sudah menyusul temannya. Padahal Reza niatnya mau dipiara….

  2. Wah asyik ya Reza dan Lukman liburannya seru…
    Mbak Rosa, godong ijo itu alamatnya dimana ya, mbak? Kebetulan kan aku d ciputat, jadi mungkin ngga terlalu jauh dari rumah yaa… Bisa jadi tempat sasaran utk liburannya Rafi…
    Kasian belum kemana2.. dia sampai bilang..”ibu, aku liburan kemana nih? Kalau tidak kemana-mana nanti aku bingung waktu disuruh cerita di sekolah..”
    ***Untuk “mengembalikan suara Rafi” (karena selective mutism-nya itu), Rafi sering disuruh cerita di depan kelas.. Bismillaah, Insya Allah bisa lebih baik lagi kondisinya..
    Salam sayang buat Reza & Lukman…

    • Alamat websitenya http://www.godongijo.com
      Kalau lokasinya di Jl. Cinangka Raya Km. 10 No. 60 Kel. Serua Kec. Bojongsari, Sawangan-Depok 16517; Telp. : (62-21) 747 10678 (3 lines)
      Betul, bagus kok untuk jalan2 sama Rafi, pasti dia senang lihat Bagong deh😀
      Waaah gurunya oke juga ya, kasih perhatian khusus untuk Rafi. Tetap semangat ya Wiek! Sun buat Rafi ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s