Liburan Dan Sejarah Dunia

Yang paling saya sukai kalau liburan sekolah seperti sekarang ini adalah bisa dengar suara anak-anak lebih dari biasanya. Kadang bikin pusing juga sih, kalau seharian ditanya ini-itu, tapi lebih sering saya merasa senang bisa mendengar macam-macam obrolan Reza dan Lukman.

Kemarin dihari pertama liburan mereka, ketika Reza berdua Lukman dengan akurnya membersihkan botol tempat kecebong hasil tangkapan Reza disekolah, mereka ngobrol seperti ini:

Reza bertanya “Lukman tau nggak nama-nama negara Amerika Latin?” Lukman diam tidak menjawab. Reza lanjut “Ada Bolivia, Chille, Mexico, Brazil…” Lukman nyeletuk “Amerika Selatan?” Reza bilang “Itu sih nama benuanya!”. Saya senyum-senyum sendiri mendengarkan, sambil mikir percakapan seperti itu kayanya nggak biasa ya untuk anak umur 5 dan 9 tahun.

Hari ini kita pergi mengantarkan adek Lukman les musik, dengan rencana akan ketoko buku sesudahnya, bersama uda Ivan juga. Dimobil kebetulan ada pocket diary yang dilengkapi peta dunia didalamnya. Ivan dan Reza asik membahas peta itu: membicarakan negara2 Rusia yang dahulunya tergabung dalam Uni Sovyet. Uda Ivan yang sudah belajar soal negara-negara dunia dikelas 6 memberi banyak info kepada Reza. Reza juga tidak mau kalah, berbagi info yang dibacanya dari berbagai buku kepada uda Ivan. Setelah mengantar adek ke tempat les, kita ‘nongkrong’ dulu di seven-eleven dekat tempat les tsb. Selagi menunggu disana, minum coklat panas karena udara mendung, mereka lanjut bicarakan peta tadi.

Karena ada juga nama-nama gunung, sungai dan danau disitu, Ivan kasih tahu Reza bahwa danau Baikal di Rusia adalah danau terdalam didunia. Reza membantah, katanya “Bukannya danau Superior yang terdalam?” akhirnya karena mereka berdua saling ngotot, saya tengahi dengan googling daftar danau-danau terdalam didunia. Ternyata Ivan benar. Walau danau Superior memang ada didaftar danau-danau terdalam, tapi ada diurutan ke 34. Dari daftar itu saya baru tahu kalau danau Toba di Sumatera Utara dan danau Poso di Sulawesi Tengah juga termasuk danau terdalam urutan ke 14 dan 27!

Sambil menghabiskan minumannya, Reza katakan “Cabang seven eleven ini lebih kecil ya dari yang dekat kantor Papa”. Saya cuma manggut-manggut setuju.

Setelah menjemput Lukman selesai les musiknya, kami pergi ke mall yang ada toko buku favorit disitu. Disana saya ditemani Lukman sempat belanja keperluan dapur dulu, sebelum menyusul Ivan dan Reza ditoko buku. Ketika sampai ditoko buku, saya lihat Reza lagi asik membaca buku tebal, judulnya Sejarah Dunia. Ketika lihat saya, Reza senyum dan bilang “Ini bagus bukunya Mama, lengkap!”. Kemudian saya temani Lukman yang puter-puter dari tempat buku, ketempat penjualan cd/dvd, lalu balik lagi ketempat buku. Cukup lama ikuti Lukman, ketika balik ketempat Reza lagi, saya lihat wow dia masih membaca buku yang sama. Akhirnya saya foto Reza, dan kirim foto itu ke Papanya.

Reza lalu kasih lihat ke saya “Ini Ma, ada nama-nama Presiden USAnya juga. Berarti ensiklopedia yang dirumah Ayang keluaran sekitar tahun 1974 ya, soalnya dibuku ensiklopedi itu Presidennya masih Nixon”. Reza memang lagi hobi baca-baca koleksi ensiklopedi dirumah Ayangnya setiap ada waktu luang. Walaupun dalam bahasa Inggris, walaupun memang betul ensiklopedi itu sudah jadul karena dibeli jaman saya masih kecil, namun ada saja info didalamnya yang bikin Reza makin rajin membacanya. Senang sekali mendengar Reza bisa mengambil kesimpulan begitu melihat daftar nama-nama Presiden, mengaitkan info tsb dengan umur ensiklopedi dirumah Ayang.

Ketika sudah melihat foto Reza, Papanya langsung tanya “Mau dibeliin disini?” cabang toko buku favorit dimall dekat kantor Papanya sedang ada diskon istimewa, namun saya jawab “Harganya mahal, paling mahal dari semua buku yang pernah kita beli untuk Reza” tapi Papanya bilang “Nanti kita lihat deh, kalau ada disini”. Nggak lama, bunyi lagi hp, dan Papanya nulis singkat “Sudah dibeli” saya jawab “Kita diam-diam dulu ya, supaya jadi kejutan untuk Reza”.

Setelah cukup lama ditoko buku, saya ajak anak-anak pulang, dan sempat menjemput Papanya dulu. Sampai dimobil, Papanya tanya anak-anak ngapain aja mereka seharian, dan jalan-jalan kemana saja.

Reza dan Ivan cerita tentang nongkrong di seven eleven, Papanya tanya Ivan “coba cheese creamnya nggak, enak lho!” Ivan bilang “Iya, tadi makan hotdog dipakein cheese creamnya, enak!”. Lalu Reza bilang “Tapi seven eleven yang tadi kapasitasnya nggak sebesar yang dekat kantor Papa. Kalau yang dekat kantor Papa kan bisa puluhan orang makan disana”. Geli banget denger Reza pakai kata ‘kapasitas’ itu, dengan pemakaian yang benar.

Setelah dengar cerita mereka, saya mulai acting, ‘laporan’ sama Papanya “Tadi Reza lihat buku bagus loh, Papa” Lalu Papanya tanya Reza “Buku apa, Eza?” Reza lalu cerita tentang buku sejarah dunia tsb. Dia bilang “Bukunya tebel, lebih lengkap dari yang ada dirumah. Bangsa Maya aja dibahas sampai lengkap banget: kebudayaannya, kebiasaan mereka untuk mengorbankan manusia untuk dewa, gitu. Tapi harganya mahal, Papa…” lalu Papanya juga acting, bertanya “Jadi gimana dong?” Reza jawab, dan bikin saya bangga dengan jawabannya “Ya Reza nabung aja dulu, nanti kalau sudah cukup duitnya baru beli. Itu kalo nggak ada keperluan lain yang lebih penting”.

Sampai dirumah, baru deh Papanya keluarkan buku itu, dan tanya “Buku yang tadi seperti ini bukan” Reza langsung teriak “Iyaa, sama! Kok Papanya tahu sih?” tapi dia jawab sendiri “Oooh fotonya Mama kirim ke Papa ya”… Saya cuma cengengesan saja, senang kejutan dari Papanya berhasil😀

4 thoughts on “Liburan Dan Sejarah Dunia

    • Dias, cerita ini saya buat 5 tahun yang lalu, ketika itu beli bukunya di Gramedia, saya tidak tahu apakah masih ada dijual sekarang. Harganya, saya juga sudah lupa, sepertinya saat itu harga diatas Rp.200.000,-.

Leave a Reply

