Reza Di Green Festival

Reza memang selalu tertarik sama lingkungan alam. Sejak masih batita, baru bisa bilang ‘kebau’ dia selalu asik melihat-lihat buku tentang binatang. Kegemarannya itu terus berlanjut sampai sekarang, tidak hanya binatang2 pada umumnya namun juga binatang purba, binatang extrim seperti ikan2 yang hanya hidup dilaut terdalam, dan juga berbagai ragam tumbuhan. Hal ini membuat Reza semangat ketika mulai belajar IPA di SD. Ketika ada tugas dari bu guru untuk mengumpulkan jenis-jenis akar, jenis-jenis daun, dikerjakannya dengan serius, dan ketika sudah terkumpul dipresentasikannya kepada saya dengan memperlihatkan satu-demi satu contohnya serta penggolongannya (padahal saya nggak nanya lho! Dia saja yang kepingin memperlihatkan).

Ketika mengunjungi Green Festival, suatu event yang tujuannya  mendidik masyarakat agar dapat menyelamatkan bumi dari dampak perubahan iklim, buat Reza materi global warming, preservasi alam dll sudah bukan barang baru lagi. Reza memang sudah pelajari sendiri tentang global warming sedari umur 5 tahun, dan sudah kerap bicara tentang hal itu diradio, disekolahnya, jadi materi Green Festival itu sudah sangat akrab untuknya.

Reza mencoba berbagai hal di GreenFest itu, mulai experience tunnel-nya, memperhatikan simulasi siklus air, pura2 menanam pohon untuk melihat efek berkurangnya CO2 yang diserap pohon tersebut, kemudian lanjut dengan menanam simbol komitmen untuk menanam sebatang pohon, menyenangkan sekali buat Reza. Diakhir kegiatan itu Reza diberi bibit pohon untuk betul2 ditanamnya dirumah.

Selain itu, Reza juga mampir kebeberapa stand yang menarik untuknya. Ada stand yang memamerkan alat untuk menangkap energi angin, dan juga panas bumi. Juga ada beberapa stand daur ulang, salah satunya membuat robot dan mainan, dari barang2 bekas. Disini Reza sangat memperhatikan, karena Reza sendiri suka bikin berbagai mainan sederhana dari barang bekas. Waktu dengar stand tsb menyelenggarakan workshop di siang hari nya huaaa Reza langsung mohon2 minta balik lagi disiang hari untuk ikuti workshop itu. Sayang karena keterbatasan waktu, nggak bisa deh permintaannya itu diluluskan.

Namun yang special untuk Reza di Green Festival kali ini adalah pertemuannya dengan kakak-kakak dari Himpunan Mahasiswa Nymphaea dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB. Awalnya Reza tertarik karena melihat distand tersebut ada kotak besar yang berisi tanah. Tanah tersebut ditutup dengan lapisan plastik berlubang. Ketika Reza melongokkan kepalanya ingin tahu apa isi kotak tsb, salah satu kakak: kak Inta memberikan keterangan tentang peran cacing dalam memproses  daur ulang bahan organik sehingga menghasilkan penyubur tanah dari kotorannya. Ketika kakak tersebut menjelaskan, Reza mendengarkan sambil mengangkat2 lapisan plastik yang menutupi tanah dan bertanya “Mana cacingnya?” kak Inta bilang “Mau pegang? Berani nggak?” Reza dg mantap bilang “Berani!” Si kakak konfirmasi lagi kesaya, tanya “Betul tante, Reza berani?” Saya ketawa dan bilang “Dicoba aja mbak” dan akhirnya mereka mengorek-ngorek tanah untuk memuaskan keinginan Reza melihat cacingnya. Akhirnya ketemu, dan Reza senang sekali memegang cacing yang licin itu (hiii). Kak Inta juga menjelaskan kenapa kotak tanah itu ditutup: karena cacing tidak tahan dengan sinar matahari, tapi tutupnya berlubang supaya cacingnya tetap bisa bernafas.

Melihat ketertarikan Reza, kak Inta menjelaskan lebih lanjut ttg kelompok Nymphaea ITB tersebut, dan memperlihatkan majalah yang mereka produksi yang berisi artikel2 menarik didalamnya. Ada artikel yang membahas tentang Biosteel: serat baja yang dibuat dari rekombinasi gen laba-laba. Jadi menurut kakak yang satu lagi: kak Ivana kehebatan di film Spiderman itu memang ada dasar penjelasan ilmiahnya. Lalu kak Inta menjelaskan lagi tentang rencana Ecofarming diluar angkasa: yaitu jika planet bumi ini sudah terlalu padat penghuninya dan tidak ada lahan untuk menanam tumbuhan, akan diperlukan adanya pertanian diplanet lain. Reza langsung protes “Tapi kan tumbuhan perlu oxygen untuk bertumbuh?” Kak Inta langsung ketawa, dan bilang “Itu dia salahsatunya yang perlu dipikirkan dalam rencana ecofarming diluar angkasa”.

Selain itu juga ada artikel2 tentang perkembangan teknologi yang bisa memungkinkan hal-hal yang dulu dianggap mustahil seperti: mengirim senjata biologis menggunakan amplop seperti yang terjadi bbrp tahun yll di Inggris dg kuman Antrax, lalu juga tentang biodisc: bakteri yang bisa dijadikan chip penyimpan data. Semua keterangan kakak-kakak itu bikin Reza sangat tertarik. Terakhirnya sebelum kami beranjak ke stand lain, kak Inta tanyakan sama Reza “Masih ingat, kenapa lapisan penutup ini dibolongin?” Reza langsung menjawab: “Supaya cacingnya bisa bernafas” hehehe anak pintar!

Hmmmm melihat ketertarikan Reza, saya pikir: who knows, kegemaran Reza akan binatang dan tumbuhan bisa membuat dia terus semangat mempelajarinya dan nantinya bisa bersekolah ditempat kak Inta dan kak Ivana sekolah juga ya…..

Seperti peribahasa “Gantunglah cita-citamu setinggi bintang di langit” ayo Reza, Mama dan Papa dukung dehhh….

Related Posts:

Metamorfosa Sempurna

Putri Malu

Reza Kecemplung Empang

Kambing Di Sekolah

Kadal

4 thoughts on “Reza Di Green Festival

  1. Pagi, tante..
    saya temennya Inta yg pada hari itu tidak bisa ke greenfest,

    tapi puas dan senang sekali baca postingan ini,

    untuk Reza, saya salut sekali dgn semangatnya.
    Reza bisa menjadi contoh untuk teman2nya dan memang orang2 seperti Reza ini yg akan melanjutkan pekembangan ilmu hayati ke depannya.

    saran, kritik, dan ide2 dari Reza sangat kami nantikan,
    sayang saya belum sempat berkenalan sama Reza, mungkin lain waktu🙂
    selamat dan sukses untuk tante&Reza.

    • Pagi juga Laras😀
      Senang sekali kami punya kenalan baru teman2nya Inta. Sayang belum bertemu langsung ya, tapi siapa tahu, lain kali ada kesempatan Reza bisa berkenalan langsung dg mbak Laras😉
      Terus terang kami sangat tertarik lho utk tahu lebih banyak ttg Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB, dan mudah2an pada saat event BioFront 2011 kami bisa berkunjung ke Bandung….
      Kabar2i ya kalau ada event menarik lainnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s