Kenapa?

Hari ini Lukman terapi dengan senang hati, sehingga bisa belajar dengan cukup intensif. Ada beberapa hal yang perlu dicatat, karena menunjukkan kemajuan Lukman dalam komunikasinya.

Perkembangan yang terlihat hari ini adalah Lukman sudah bisa menggunakan kata kenapa dengan tepat. Ketika ibu terapis menirukan gerakan Lukman memainkan bola, menendang-nendang, Lukman bertanya “Kenapa kamu sama?” sambil menunjuk kaki ibu terapis (maksudnya: kenapa kaki kamu gerakannya sama dengan gerakan kakiku?). Saya nggak heran mendengar cerita ibu terapis, karena ketika siangnya saya sedang dipijit, dan saya teriak “Aw.. aw…!” waktu ibu pijit menekan betis saya yang kaku, Lukman yang juga sedang dikamar bertanya “Kenapa teriak? Kau sakit ya?”…

Selain itu ada juga perkembangan tentang berbahasa Inggris. Dalam beberapa minggu terakhir ini Lukman sering sekali menggunakan bahasa Inggris. Sudah lama sih, Lukman suka celetukin kata-kata bahasa Inggris (lihat copast status Facebook dibawah, dan posting Binatang Apa?). Namun memang akhir-akhir ini jauh lebih sering Lukman berbahasa Inggris. Pada awalnya ibu terapis agak kawatir, takutnya Lukman jadi terbiasa hanya mengeluarkan suara-suara tanpa arti. Sedangkan saya sendiri melihat Lukman memang memiliki kemampuan, karena pemakaian kata bahasa Inggrisnya memang tepat. Namun menimbang apa yang dikawatirkan ibu terapis ada benarnya, saya jadi memperhatikan kalau Lukman sudah mengeluarkan bahasa Inggrisnya. Kalau dia bicara dengan tepat, misalnya menyebut “What is it?” saya tanya “Artinya apa sih?” sehingga Lukman jawab “Apa itu Mama?”. Dan kalau dia menggerundel (ngomong yang nggak jelas) dan kalau saya tanya “Lukman bilang apa?” dia jawab “Bahasa Inggris” saya lalu bilang “Itu bukan bahasa Inggris, nggak jelas kok apa yang Lukman bilang” agar Lukman hentikan gerundelannya itu.

Syukurnya cara itu cukup membantu. Sehingga seperti ketika terapi hari ini Lukman bilang “I like baloon” (saat itu memang Lukman sedang memegang balon), dan ditanya ibu terapis “Lukman ngomong apa?” dia langsung menerjemahkan “Aku suka balon!”.

Status Facebook 12 April 2010

Lukman lagi nggak sekolah karena demam (hiks). Lalu Mamanya ajak Lukman main dengan activity book yang temanya: rumah sakit. Waktu Lukman sedang menempel gambar ini saya tanya “Ini siapa Lukman?” dan expect jawabannya nenek atau oma. Tapi Lukman malahan bilang: “Grandmother” hehehe….

Leave a Reply

