Nilai Reza Lagi

Usai libur lebaran minggu lalu, saya minta Reza rapihkan lagi rak-khusus-buku-sekolahnya. Saya membantu sambil memilah isi tumpukan di rak itu. Saat itu saya lihat lho kok ada hasil ulangan tematik dibulan puasa, kok belum dilaporkan ke saya? Nilainya bagus-bagus, nilai 10 untuk IPS, PKN dan IPA, serta nilai 9,6 untuk English.

Saya tanyakan Reza : “Ini baru dikasihkan kemarin? (hari pertama masuk setelah libur)” Reza dengan nyantai menjawab “Bukan, itu sudah dari sebelum lebaran dikasihnya, Mama” Ya ampuun saya tanya lagi: “Kok nggak dikasihkan ke Mama?” jawabnya juga santai lagi “Ehhhm… lupa, Mama” Ampyyuuuun…

Reza memang paling cuek ya soal nilai ulangan. Dapet bagus ya cueeek, nggak berasa bangga, dapat jelekpun juga cueeekkk, nggak berasa it’s the end of the world. Sementara walaupun nggak menomor satukan nilai, Mamanya cukup deg-deg-an menunggu hasil ulangannya. Lihat posting2:  Nilai 10 Untuk Reza, Nilai Rapor Reza dan Nilai UTS Reza.

Saya obrolin tuh keheranan saya tentang cueknya Reza dengan teman baik saya, mbak Vera Itabiliana, psikolog yang paham banget style anak-anak seperti Reza ini. Saya tanya : “Kenapa ya mbak, Reza kok dengan entengnya bilang lupa kasihkan hasil ulangan itu, padahal harusnya dia bangga kan dengan nilai2 bagusnya itu?” Mbak Vera dg bijaknya menjawab : “Ada beberapa kemungkinan kenapa sikapnya cuek begitu. Yang pertama: kemungkinan memang buat dia nggak penting dapat nilai segitu. Mungkin karena dia nggak ngoyo untuk dapat nilai segitu. Atau kemungkinan lain: dia sudah bisa nebak reaksi Mamanya, sudah nggak ada reward melihat reaksi Mamanya, jadi gampang dia lupakan”. Ooo, rupanya begitu penjelasannya.

Hmmmm…. memang nggak mudah ya jadi ortu, kadang kita sendiri nggak paham jalan pikiran anak kita, walaupun sering ngajak ngobrol, walaupun cukup waktu mendampingi mereka, tetap aja ada kejutan-kejutan untuk ortunya😀

2 thoughts on “Nilai Reza Lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s