Ke RS Dharmais Bersama FeMale Radio

Hari Jumat 20 Agustus 2010 yll saya menerima telepon dari salah satu staf promosi FeMale Radio, yang memberitahukan rencana FeMale Radio untuk berkunjung ke RS Dharmais lusanya tanggal 22 Agustus 2010. Kunjungan ini bertujuan untuk menghibur anak-anak penderita kanker yang dirawat disana dengan kegiatan dongeng bersama Paman Gery dan Bubu Mini serta membagikan buku yang dikumpulkan dari program 979 bukunya FeMale. Reza sebagai salah satu ‘superkids’ fans FeMale diajak serta kegiatan itu. Wah saya langsung setuju karena kebetulan hari Minggu tsb kami belum ada rencana kemana-mana, dan saya pikir pengalaman ini pasti akan sangat berharga untuk Reza. Sebelumnya dalam kegiatan sosial diluar rumah Reza baru pernah berkunjung ke panti asuhan, atau ke sekolah anak-anak yatim dan belum pernah mengunjungi rumah sakit untuk kegiatan seperti itu.

Ketika sudah dapat green light dari Papanya, saya beritahu Reza tentang undangan itu. Awalnya Reza langsung menolak, dan waktu saya tanya kenapa nggak mau jawabnya “Reza takut”. Takut kenapa? “Nanti ketularan nggak, Mama? Terus kalau lagi sakit kanker itu kelihatan nggak seperti apa?” Saya jadi berkesempatan menjelaskan tentang penyakit kanker. Bahwa kanker itu tidak menular, sebagian besar dikarenakan faktor genetis, dan ada berbagai macam penyakit kanker. Mulai kanker mata, kanker kulit, kanker tulang, paru-paru, dan banyak lagi. Akhirnya Reza jadi penasaran, dan pingin menjenguk penderita kanker tersebut, dengan catatan “Mama juga ikut ya”. Ya iyalah, masak Reza pergi sendiri? Hehehe.

Hari Minggu jam 10 saya, Reza, Ivan (sepupu Reza) dan Bundanya sudah sampai di RS Dharmais. Beberapa saat kemudian staf FeMale menghubungi hp saya dan mengajak kumpul dilobby. Ternyata rombongan FeMale tidak banyak, rupanya memang dibatasi agar tidak mengusik ketenangan penderita yang dirawat. Wah senang juga Reza beruntung diajak FeMale, dan kebetulan bisa pula ikutan. Selain Paman Gery, Bubu Mini dan om-om tante-tante dari FeMale juga ada om-om tante-tante dari Yayasan Pita Kuning, sebuah LSM yang aktifitasnya untuk membantu anak-anak penderita kanker.

Kami naik kelantai 4, dan menuju keruang bermain bangsal anak disana. Kondisi ruangan-ruangan dilantai 4 cukup menyenangkan, kamar-kamarnya dihiasi dengan gambar-gambar binatang, karakter kartun, dan tiap kamar namanya berbeda, rupanya kamar-kamar dinamai sesuai permintaan penyumbang dananya. Ada yang namanya “Best Friends Forever” ada yang nama orang, macam-macam. Ruangan bermainnya juga menyenangkan, ada  berbagai fasilitas permainan disana. Dan tidak lama kemudian anak-anak penderita kanker tersebut mulai berdatangan kedalam ruang bermain.

Acarapun dimulai, Paman Gery dan Bubu Mini beraksi, menghibur anak-anak didalam ruang bermain tersebut. Setelah acara mendongeng selesai, kami mengunjungi kamar satu persatu. Tidak semua kamar bisa kami masuki, karena adapula kamar isolasi bagi penderita.

Setelah kunjungan tersebut, Paman Gery minta kepada Reza dan Ivan untuk menuliskan kesan-kesannya, (lihat posting Ke RS Dharmais Dengan Paman Gery dan Bubu Mini) dan dua hari setelah itu Reza on-air di Radio FeMale, membacakan tulisannya itu. Pengalaman ini sangat berharga untuk Reza dan Ivan, dan saya berharap masih ada lagi kegiatan seperti ini dari FeMale, sehingga anak-anak bisa lebih belajar berempati kepada anak-anak lain yang tidak seberuntung dirinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s