Cerita Barunya Lukman

Akhir-akhir ini ada beberapa kejadian yang memperlihatkan perkembangan Lukman untuk kemampuan bersosialisasi dan emosinya. Ceritanya seperti yang dibawah ini.

Saya Lukman!
Waktu ikut piknik kantor Papanya, Lukman senang sekali naik bis besar lagi, saat sampai ditempat bis parkir Lukman langsung bilang “Waah, kita naik bis ya!”. Ketika kami naik bis, sudah ada beberapa keluarga yang sudah menempati bangku masing-masing. Yang bikin saya terpesona, Lukman langsung berkeliling, memperkenalkan dirinya! Beberapa ibu memang langsung bersalaman dengan Lukman, tapi seorang ibu yang masih sibuk dengan bawaan dan tidak melihat uluran tangannya dicolek Lukman sampai ibu tersebut menengok, dan Lukman bilang “Saya Lukman!”. Walaupun pertanyaan/kalimat berikut dari para ibu itu umumnya tidak dijawabnya, hanya diberikan senyum manis, mereka senang sekali melihat ada anak yang dengan pedenya berkeliling -tanpa disuruh- untuk memperkenalkan diri.
Disekolah juga ada kejadian yang hampir sama. Ketika itu ada guru baru yang masuk kedalam kelas Lukman, dan berkenalan dengan guru kelasnya Lukman, dan bersalaman. Tanpa disuruh, Lukman berdiri dari tempat duduknya, menghampiri ibu guru baru sambil mengulurkan tangannya ingin bersalaman sambil menyebut “Saya Lukman!”. Rupanya untuk Lukman menyenangkan sekali bisa berkenalan dengan orang baru dan menyebutkan namanya😀

Pandainya Mengambil Hati
Guru kelas Lukman ada dua orang, salah satunya guru yang baru mulai mengajar semester ini. Walaupun baru saja kenalnya, belum ada sebulan, tapi sepertinya Lukman sudah mulai merasa nyaman dengan ibu guru ini. Bahkan satu saat ketika saya mengantar, ibu guru ini menceritakan bahwa kemarinnya Lukman dengan ekspresifnya memeluk dan bilang “Aku kangen!”. Duuuh Lukman pinter banget ya ngambil hati bu guru😀

Negosiasi
Beberapa hari yang lalu saya sedang agak flu, dan merasa meriang sehingga malas berada didalam kamar yang sedang hidup ACnya. Lukman yang biasanya ditemani saat main computer, bulak balik keluar masuk kamar kalau ada yang dia minta untuk dibantu. Akhirnya sebel juga barangkali ya dia terpaksa bulak-balik, Lukman bilang “Mamanya dikamar aja”. Saya jawab “Mama lagi nggak kuat kena AC, Mama diluar aja”. Eeeh Lukmannya bilang “Pakai kaus kaki aaaja” hahahaha sudah pinter dia meniru saya, karena kalau anak-anak merasa dingin saat tidur dikamar suka saya minta untuk pakai kaus kaki😀

Mengakali Kakak
Walaupun kadang masih suka berebut, Lukman sudah cukup mengerti aturan bergantian memakai computer dikamar. Waktunya Lukman main computer adalah siang hari sepulang sekolah, sedangkan kakaknya malam hari setelah makan malam sampai sebelum tidur. Malam itu Lukman juga tahu giliran kakaknya yang main computer, tapi rupanya dia juga lagi ingin main. Sempat Lukman bilang kesaya “Mau gambar gajah” (artinya minta di googling gambar gajah) tapi saya bilang “Sekarang waktunya kakak yang main computer”. Tapi Lukman tetap masuk kamar. Yang saya nggak tahu, didalam kamar rupanya Lukman bilang ke kakaknya “Reza, minum obat”. Reza sangka saya menyuruh Lukman untuk memanggilnya karena sudah harus minum obat, jadi keluarlah Reza dari kamar. Reza tanya ke saya “Mana obatnya, Mama?” saya jawab “Belum Mama siapkan, nanti aja minumnya sebelum tidur”. Barulah Reza sadar kalau dia diakali adiknya, Reza langsung lari lagi kedalam kamar, dan betul juga perkiraannya: Lukman sudah duduk manis didepan computer. Tapi melihat Reza masuk, Lukman langsung ketawa dan tidak ngotot meneruskan mainnya. Lukman tahu kalau sekarang giliran kakak main computer, tapi teteeeup: usaha! Hihihi….

Sayang Mama
Hari Jumat kemarin saya menemani Lukman ketoko buku, seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya karena Lukman sudah beberapa hari minta pergi kesana. Walaupun dipagi harinya Lukman tidak menyebut lagi mau ketoko buku, tapi saat di sekolah Lukman minta pulang duluan kepada guru kelasnya, dan Lukman bilang “Aku mau buku kerbau” yang arti sebenarnya adalah Lukman minta ketoko buku di mall terdekat dari rumah (dulu dia pernah beli buku tentang kerbau disana, dan semenjak itu toko buku kerbau menjadi sebutannya untuk tokobuku tersebut).
Sesampainya di mall tsb Lukman ingin segera langsung ketokobuku, meskipun saya lihat gejalanya Lukman sudah ingin pipis. Saat ditanyai Lukman bilang “Aku nggak mau pipis”. Tapi nyatanya saat baru saja masuk ketoko buku, Lukman bilang “Mau pipis Mama”. Saking sudah kebeletnya, sampai basahlah celana yang dipakainya karena Lukman sudah tidak bisa menahan lagi. Akhirnya terpaksa deh kami beli baju dulu untuk mengganti celananya yang basah itu. Lukmannya sih santai2 saja, tidak keberatan diminta buka baju untuk mengganti dengan baju yang baru dibeli tersebut. Selesai selesai urusan baju, kami kembali ketoko buku. DIsana Lukman mutar2, baca buku ini itu, sampai cukup lama dan akhirnya saya minta Lukman memilih satu buku sebelum membayarnya dan berjalan keluar mau kemobil.

Saat melewati KFC, Lukman mendadak bilang “Aku mau makan disini” sambil jempolnya menunjuk kedalam resto. Saya tanya “Lukman mau makan apa?” dijawab “Ayam goreng”. Lalu saat kami masih antri untuk dilayani, Lukman sudah minta “Mau yang Avatar, Mama” rupanya dia sudah mengincar kids meal yang ada mainan Avatarnya, seperti yang sudah sering dilihat iklannya. Saat diberikan beberapa mainan untuk dipilih satu, Lukman senyum lebaaar sekali, dan bilang “Makasih ya” sambil memegang mainan tsb.

Karena sudah waktu makan, bahkan lewat dari waktu makan biasanya, Lukman makan dengan sangat lahap. Tapi Lukman sempat berhenti makan sejenak, mendadak memeluk saya sambil bilang “Aku sayang Mama!” hahaha. Saya sampai ketawa, waaah segitunya deh yang seneng diajak jalan-jalan, tapi rasanya senaaang sekali mendengar ucapan spontannya itu😀

Leave a Reply

