Liburan & Perkembangan Lukman

Diwaktu liburan kemarin ini banyak hal baru yang diucapkan dan dilakukan Lukman. Ada beberapa cerita, seperti yang saya tulis dibawah ini.

Kacamata

Lukman liburan ini punya kepinteran baru mencari film-film kartun di youtube. Salah satu kesukaannya adalah film Pocoyo, Lukman bisa teriak-teriak ketawa sendiri kalau nonton yang satu ini. Beberapa hari yang lalu Lukman nonton episode Mr. Big Duck, dimana tokohnya memakai sunglasses. Lukman kemudian menghampiri saya, bilang “Kacamata coklat mana?” saya jawab: “Kan dimobil, Lukman ambil saja sendiri, bisa kan?” Lukman langsung lari keluar, tapi nggak berapa lama kemudian Lukman masuk kamar lagi, clingak-clinguk seperti mencari sesuatu. Saya tanya “Lukman cari apa?” dia jawab “Pintunya dikunci” ooo rupanya pintu mobil dalam kondisi terkunci, saya bilang “Itu kuncinya diatas drawer, Lukman kan bisa bukanya?” Lukman jawab “He em” dan langsung ambil kunci mobil, memencet remote alarmnya. Dia keluar lagi, kemudian nggak berapa lama masuk sambil memakai kacamata hitamnya, dan duduk lagi didepan computer. Geliii sekali lihat Lukman gaya2an pakai kacamata hanya supaya mirip dengan Pocoyo favoritnya😀

Yang bikin Mamanya senang adalah Lukman sudah mampu tanya jawab yang menerus, beberapa kali ditanya, beberapa kali Lukman menjawab, bukan hanya satu pertanyaan yang dijawab lalu stop. Ini perkembangan baru, karena sebelumnya Lukman belum bisa ‘tek-tok’ seperti ini.

Sayangku

Lagi asik nonton tivi, Lukman mendadak lari-lari masuk kamar sambil berseru “Mamanyaaaa…” saya jawab “Saayaaang…” Lukman bilang “Aku mau pipis” dan masuk kamar mandi. Saya biarkan saja, karena dia sudah bisa pipis sendiri. Rupanya karena sudah kebelet Lukman tidak keburu hidupkan lampu kamar mandi, biasanya dia tarik dingklik untuk bisa mencapai lampu kamar mandi dan menghidupkan sendiri. Tapi karena sudah keburu pipis, dia panggil2 saya “Mamanyaaa…” saya sengaja diam saja, supaya dia ngomong lebih lanjut apa maunya. Lagi dia teriak “Mamanya….” Saya masih diam saja. Akhirnya Lukman teriak “Sayangkuuuu…” bikin saya ketawa dan jadi menghampiri dia dikamar mandi. Pinter aja sih bikin hati Mamanya berbunga-bunga….

Kalimat Baru

Lukman nonton tivi bertiga dengan kakak Reza dan Mamanya. Mendadak, tanpa ada hubungannya dengan adegan film yang ditonton, Lukman bilang “Ya sudahlah, aku pergi saja” hahaha, bikin saya dan Reza ketawa cekikikan. Ditanyai setelah itu maksudnya apa, Lukman cuma senyum-senyum manis. Saya cuma bisa menduga mungkin Lukman sedang ujicoba mengeluarkan kalimat yang direkamnya beberapa waktu yang lalu.

Jangan Marah-marah Dong…

Malam hari sebelum kami berangkat ke Taman Safari, Lukman tidak mau disuruh tidur lebih cepat. Nggak heran sih, karena diwaktu liburan ini Lukman terbiasa tidur lebih larut dari biasanya, diberi kesempatan nonton film-film kesukaannya: Upin Ipin atau Krishna dulu. Malam itu ditempat tidurnya Lukman masih saja main, dan tidak mau berbaring tenang, walaupun sudah saya bilang “Besok mau jalan-jalan lho, mau berangkat pagi2 waktu matahari terang” teteeeup dia main2 terus. Akhirnya nada suara Mamanya makin tinggi sampai akhirnya Lukman bilang : ‎”Mamanya jangan marah2 dong” Wah rasanya campur aduk denger Lukman bilang begitu, pertama: senang krn itu kalimat baru dlm perbendaharaan kalimatnya yg msh blm banyak, kedua: sebel krn Lukman gak tidur2 sampai jam sembilan malam padahal besoknya rencana bangun pagi & terakhir: geli juga dia sdh bisa protes😀

Menakjubkan!


Sekarang ini kalau membaca buku Lukman tidak hanya mendengarkan saat diceritakan. Kalau sudah tahu jalan ceritanya, Lukman yang ‘menceritakan’ kembali kepada pendampingnya. Saat terapi kemarin, Lukman memilih buku Jack and the Beanstalk dan menceritakan kembali isinya kepada terapisnya.  Beberapa kalimat-kalimat yang diucapkannya seperti ini “Pohon kacang tumbuh”, “Rumah kota raksasa” “Takut raksasa, dia sembunyi” “Dia potong pohon kacang” “Raksasa jatuh deh” dan “Jack sama Putri lagi sama sayang Jack “. Lalu yang cukup bikin surprise terapisnya, saat melihat halaman diatas itu Lukman mengucapkan “Lihat telur emas!” (menyuarakan Jack) dan kemudian Lukman ganti suarakan jawaban ibunya Jack: “Menakjubkan!”. Ya, buat terapisnya juga menakjubkan Lukman bisa mengucapkan kata yang tidak biasa itu!

Acting Yang Hebat

Karena selama liburan ini Lukman maleeesss banget latihan menulis, terpaksa terapisnya mencari cara untuk mengakali kemalesannya itu. Kemarin setelah membaca cerita, supaya Lukman mau menulis terapisnya mengajak bermain peran. Ceritanya mereka berjalan-jalan ke Taman Safari. Untuk bisa melihat binatang2nya, Lukman harus tulis sendiri nama binatangnya pada tiket yang sudah disediakan. Dengan cara ini Lukman mau menulis cukup banyak.
Saat menuliskan “Singa” Lukman menulis sambil bilang “Aku takuut, singanya menggigit, aku takut….” Tadinya terapisnya nggak memperhatikan, karena Lukman biasa seperti itu: sangat menghayati kalau bermain peran. Tapi saat terapisnya menengok ke Lukman, wah kagetnya bukan main, karena Lukman sampai mengucurkan airmata, seperti betul-betul takut! Wah hebat sekali ya actingnya Lukman😀

Leave a Reply

