Gestures

Tahun lalu saat Lukman masih cukup sulit mengeluarkan kata-kata secara spontan, dia sering menggunakan gerakan tubuh untuk menggantikan kalimat yang belum bisa dihasilkannya. Seperti: menarik tangan, menunjuk barang yang diinginkan, dan ini dilakukan tanpa mengucapkan kata-kata. Cukup lama kami berusaha agar Lukman mau mengucapkan apa yang dia mau, dan lambat laun Lukman sudah mulai meningkat spontanitas bicaranya (baca posting Another Lukman’s Milestone).

Walaupun sudah ada spontanitas bicaranya, gerakan tubuhnya tidak hilang, malah ada beberapa hal baru yang dilakukan Lukman akhir-akhir ini, yang cukup mengesankan buat kami. Contohnya: kalau mempersilahkan Papa/Mamanya duduk dikursi, tangannya pasti bergaya sebagaimana layaknya orang mempersilahkan tamu duduk. Saat minta kita mengikutinya Lukman bilang “Ayo sini…” sambil tangannya awe-awe kepada yang dipanggil. Juga saat permisi kepada orang yang ada disebelahnya, sering Lukman mengucapkan kata “Maaf…” sambil menyentuh tangan orang tersebut.

Disekolah pernah ada kejadian yang cukup lucu, masih berkaitan dengan gesture ini yang memperlihatkan bahwa Lukman sudah mulai mengerti aturan. Saat itu ada perayaan ulangtahun murid kelas Antariksa (TK B). Tentunya perayaan tersebut sangat menarik buat Lukman ketimbang kegiatan didalam kelasnya sendiri🙂 Ketika Lukman mau duduk bersama kelas Antariksa, bu guru kelas tersebut katakan kepada Lukman: “Lukman, maaf, ini buat kelas Antariksa.”
L: Aku mau di sini.
G: Tapi ini buat Antariksa.
L: Aku mau di sini.
G: Ini buat Antariksa, Lukman.
Lukman membanting kaki dan pergi😀

Yang paling berkesan adalah saat lebaran kemarin, saat kami menjemput Momma, neneknya anak2, dirumah beliau untuk sama-sama pergi berlebaran kerumah. Saya dan anak-anak menunggu dimobil sementara Papanya turun untuk menjemput Momma. Saat melihat Mommanya datang dan Papanya membukakan pintu untuk Momma, Lukman yang duduk disebelah sana menggeser pantat kecilnya, memberi tempat kepada Momma sambil bilang “Duduk sini, Momma!” dan menepuk-nepuk jok kursi disebelahnya. Waaw what a nice gesture, Lukman!

cars

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s