Binatang Apa??

Magrib tadi saat Papa-Mamanya sedang buka puasa, Lukman dengan antengnya main komputer sendiri.
Setelah selesai magrib saya tengokin, mau tahu Lukman lagi main apa.
Rupanya Lukman sedang mencoba menggambar dg Paint (sudah beberapa kali melihat Reza dan Ivan menggunakan program itu) walaupun nggak heran karena memang Lukman seringkali bisa mengerjakan sesuatu hanya dari mencontoh apa yang dia lihat sebelumnya, tapi saya tetap kagum melihat dia sudah bisa coba sendiri program ini.

Waktu saya diam-diam ambil kamera utk mengabadikan momen itu, Lukman sudah ganti kegiatan, dia membuka Google, dan bersamaan saya sudah bawa2 kamera Lukmannya nengok kebelakang, cari saya untuk membantu: “Tulis….. tulis….” katanya sambil beranjak dari kursi komputer dan minta saya duduk: “Silahkan duduk, Mama” (sambil tangannya di gaya-in, mempersilahkan duduk) dan dia sendiri berdiri dibelakang saya, diatas tempat tidurnya.

Saya duduk didepan komputer dan tanya Lukman “Mau tulis apa?” (mau search apa di Google?)
Lukman jawab: “Serigala”
Saya ketik serigala, dan keluar deh hasil searchnya, foto-foto serigala.
Lukman senang melihatnya dan lalu menirukan lolongan serigala.
Habis itu Lukman bilang: “Rusa, Mama”
Saya ketik rusa. Keluar deh gambar-gambar rusa.
Bosan dengan gambar-gambar rusa, Lukman ngomong lagi: “Delayen”.
Mamanya sampai nengok kebelakang menatap muka Lukman, karena nggak menangkap apa yang dibilang Lukman.
“Tulis apa?” saya tanya lagi. Lukman bilang lagi “De-la-yen”.
“Delayen apa sih Lukman? Mama nggak tau?”
Lukman sambil menghela napas bilang “SINGA!”
Eeeaaalaaaaa….. anak Mama kok ngomongnya bahasa Inggris sih, ya nggak mudeng dong Mamanya wong dari tadi ngomongnya endonesia kabeh…
Ha…. ha…. ha…..

Note:

Walaupun kemampuan bicaranya Lukman masih dibawah teman-temannya, kemampuan Lukman untuk berbahasa Inggris suka mengejutkan Papa Mamanya. Dirumah Lukman tidak diajarkan berbahasa Inggris, bahkan disarankan oleh psikolognya untuk tidak membiasakan Lukman memakai dua bahasa karena dikawatirkan akan lebih membuat Lukman sulit berbicara dengan baik karena bingung bahasa. Walaupun begitu, dari film film yang ditontonnya Lukman bisa menangkap bahasa Inggris dengan baik, dan memakainya kembali pada situasi yang tepat. Contohnya pada saat dia memainkan game Marine Park Empire di komputer, dimana Lukman membuat kereta yang berjalan diatas (seperti roller coaster) dan satu saat kereta ini melewati pohon seperti akan menabraknya, Lukman spontan berseru “It’s a tree!!! itu pohon!!” seolah olah memperingatkan kereta itu untuk tidak menabraknya. Kejadian lain adalah waktu Lukman menonton video kartun Pororo kesayangannya di Youtube. Ada adegan pembukaan film itu dimana si Pororo terbang dengan sayap buatan diiringi theme songnya. Lukman sembil menunjuk Pororo dengan spontan mengatakan “Pororo here, in the sky!” waw, Mamanya abis ucap deh, kok bisa ya dia ngomong bahasa Inggris dengan tepat seperti itu, padahal theme song Pororo itu bukan dalam  bahasa Inggris, tapi bahasa Korea….

3 thoughts on “Binatang Apa??

  1. Waktu baca ‘delayen’, dalam hati saya bilang “the lion” lho. Soalnya saya menganggapnya sebagai tulisan fonetik:). Yang dilakukan Lukman namanya code switching (alih kode), istilah sosiolinguistik yang artinya beralih dari satu bahasa ke bahasa lain.

    Alih kode bisa bersifat mekanik, karena itu yang menarik buat saya masalah paralanguage-nya: sikap Lukman ketika mempersilakan ibunya duduk.

    Lanjutkan Lukman, dengan kejutan-kejutan:)

  2. Kak Endah jago ya, mungkin kalau Lukman bersama kak Endah, nggak ada kebingungan seperti yg Mamanya alami hihihi…
    Wah kayanya mesti training khusus ‘alih kode’ nih sama Kak Endah, pingin tahu lebih banyak lagi soalnya😀

    Ivan: iya, Aunty tulis ‘delayen’ seperti apa yg didengar dari omongan adek Lukman….

Leave a Reply

