Negosiasi

Hari Minggu kemarin, karena asik main terus sampai malam, Lukman nggak mau bobo pada waktunya. Diminta masuk kamar sih mau, tapi terus loncat2 ditempat tidur, gangguin kakaknya, pokoknya nggak mau berbaring. Setelah lebih 30 menit seperti itu, Mamanya keluarin nada yang lebih keras, dan suruh Lukman tidur. Akhirnya mau Lukmannya berbaring, tapi sambil acting nangis ‘ihik…. ihik…. ihik….’ yang di-buat2 banget deh pokoknya. Karena tahu dia nggak nangis beneran, Mamanya nggak bujukin. Lama-lama nangis beneran Lukmannya, karena nggak ditanggapin acting nangisnya🙂 Setelah beberapa waktu tangisnya berhenti juga, dan Lukman tertidur.

Waktu bangun pagi, karena malamnya Lukman nangis seperti itu, Mamanya biarkan Lukman bangun sendiri. Waktu sudah 100% bangun, dan Lukman sudah mau ngomong, dia yang negor Mamanya duluan, nepuk bahu Mamanya dan kasih senyum. Mamanya pura2 kaget dan bilang “Eh Caaaayang” Lukmannya balas “cayang Mamaaa”. Hihihi Mamanya seneng, Lukman nggak inget kejadian semalam dan bangun dg gembira. Lanjut deh Lukman sarapan, sambil nonton kartun Pororo kesukaannya. Tapi waktu diajak mandi, Lukman nggak mau, bilang “Nggak!” dengan tegas sekali. Dibujuk2, Lukmannya tetep nggak mau mandi. Apalagi waktu disebut mau sekolah, wah makin nggak mau Lukmannya mandi. Lukman malah bilang “Mau monyet!!” loh kok pagi2 minta lihat monyet. Mamanya tahu, Lukman minta lihat patung monyet yang ada digerbang Ragunan, yang memang lagi jadi tempat singgah favoritnya Lukman sejak minggu yll. Waktu dbilang “Monyetnya nanti ya, sesudah sekolah. Dan Mama juga mau beli ikan, mau kan lihat ikan ya wap wap wap (sambil nirukan mulut ikan buka-tutup)”. Lukman gak bergeming, tetep bilang “Mau monyet!”.

Akhirnya Mamanya niru nada suara film Dora “Kita sekolah, lihat monyet, terus beli ikan. Sekolah, monyet, beli ikan” di ulang2 sambil tunjuk jari satu, dua, tiga. Akhirnya Lukman mengerti juga. Waktu sudah beberapa kali nyebut “Sekolah, monyet, beli ikan” Mamanya tanya “Ok?” akhirnya Lukman bilang ok juga😀 Tapi Lukman tetap nggak mau pakai seragamnya. Mamanya bilang “Lukman mau pakai baju yang ada monyetnya?” dan kita sama2 berdiri didepan lemari bajunya. Karena nggak ada baju yang gambar monyet, Lukman nunjuk baju warna hijau, kesukaannya sejak pernah dipakai piknik ke Puncak juga ke acara family gathering disekolah. Mungkin moodnya lagi mau piknik kali ya, jadi Mamanya biarkan aja dia pilih yang itu, dan dijalan menuju sekolah sudah telepon bu guru minta dimaklumi kalau Lukman nggak pakai seragam hari ini.

Sampai sekolah, tidak ada kehebohan yang berarti. Bahkan Lukman bisa ‘belajar’ cukup anteng dibawah pohon.

Waktu dijemput, Lukman langsung nagih “Mau monyet!” hahaha Mamanya kagum deh, dia nggak lupa dengan janji Mamanya. Akhirnya pergi deh kita ke gerbang Ragunan itu, nggak terlalu lama disana, dan akhirnya belanja beli ikan. Pulangnya Lukman cukup puas, lumayan kelihatan cape dan bilang “Mau bobo” waktu masih dimobil😀

baju hijaus baju hijau favorit…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s