Terapi 4 September 2009

Beberapa waktu yang lalu Lukman agak moody, nggak mau masuk halaman sekolah, harus ditemani Mamanya dulu beberapa waktu sebelum bisa ditinggal, terapi dirumahpun ada dihiasi tangisnya. Rupanya Lukman sedih karena dia ingin pergi jalan-jalan keluar kota lagi (ceritanya ada di post “Baju Hijau” 8 November 2009).

Alhamdulillah sejak minggu yang lalu saat badannya sudah mulai sehat Lukman kembali riang, jarang menangis dan pintar ‘belajar’nya.

Saya ingat sekali ekspresi bahagia Kak Aas, shadow teachernya, yang bercerita Jumat minggu yll Lukman mau duduk cukup lama dibawah pohon, jadi bisa cukup konsentrasi melakukan beberapa kegiatan tanpa ‘menclak-menclok’ seperti sebelumnya. Begitu juga seminggu ini, tiap kali masuk sekolah Lukman tidak perlu dibujuk-bujuk, masuk sendiri, dengan senyumnya menyapa bu guru yang menanti di meja absen.

Hari ini saat dijemput ke sekolah, Lukman masih mengenakan sayap kupu-kupu, mukanya ceria sekali. Kak Hikmah, salah seorang bu guru juga bercerita lucunya Lukman waktu menirukan gaya bebek saat diminta menirukan gerak binatang. Lukman juga sudah mengurangi gaya dinosaurusnya, berjalan dan mengerang seperti T-Rex🙂

Tadi siang Lukman juga gembira saat Mba Indah, terapis SInya, datang kerumah. Lukman mau masuk kamar belajar sendiri, tanpa membawa buku gajah dan dinosaurus yang ditinggalkannya didepan TV. Lukman belajar cukup semangat, diminta membaca buku bersama mau, ditanya mau menjawab, diminta menggambar/menulis mau. Cuma satu yang dia nggak mau, menyusun puzzle, dan menurut mba Indah krn gambarnya ‘riweh’ (itu puzzle baru). Kalau puzzle yg gambarnya lebih simpel, Lukman mau kerjakan. Dibawah ini gambar/tulisan yang dikerjakan Lukman saat terapi hari ini.

scan0001s

Disini Lukman mencoba membuat lingkaran yg cukup kecil (ukuran aslinya sekitar 7 cm tingginya). Yang paling kiri adalah contoh yang dibuat mba Indah.
Lampu yg nomor 2 & 3 dari kiri dibuat Lukman dari lingkaran lampu hijau dulu, makanya yg lampu warna merahnya jadi kecil. Sedangkan yg no 4, dibuat dari lingkaran warna merah dulu, jadi hijaunya keciiiil….

scan0005s

Kalau yang ini dot tracing. Tapi untuk angka sepuluh dikiri bawah itu Lukman nulis dulu angka 10 nya baru mba Indah kasih titik2nya (maunya Lukman begitu). Kalau huruf A itu Lukman sudah bisa lakukan sendiri.
Selain tanya jawab, hari ini Lukman diminta mengulang kata-kata, menjawab pertanyaan dari gambar di white board, membaca buku dulu baru latihan motorik halus. Cukup banyak yang dikerjakan, mau meniru bentuk, mewarnai bersama, dan saat tracing cukup fokus walaupun kualitas masih belum optimal.

Saat sudah cape diakhir jam terapi, Lukman bilang “Aku mau nangis….” tapi nggak nangis, cuma minta dipeluk. Akhirnya mba Indah nulis report sambil mangku Lukman🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s