Lukman Bertanya

8

Kalimat bertanya sedang jadi favorit Lukman bulan ini. Kadang hal yang sudah diketahuinya pun suka ditanyakan. Misalnya kalau sedang membuka computer games (Lukman sudah gape klik-klik menu dan memilih game yang dia mau mainkan dicomputer) Lukman bertanya “Ini ikan paus ya?” waktu dia sedang membuka game Marine Park Empire yang memang ada ikan pausnya.

Minggu yang lalu, Lukman sudah mulai tertarik untuk mengikuti kegiatan berkelompok dikelasnya. Ini perkembangan baru, karena biasanya Lukman enggan mengikuti kegiatan kelompok, maunya kabuuur aja.

Nah hari itu nama kegiatan kelasnya adalah Bahan Alam. Yang dilakukan adalah kegiatan motorik halus dengan memakai bahan-bahan dari alam misalnya merobek daun, mengocok air sabun, juga menumbuk. Waktu diajak shadow teachernya, kak Aas, untuk duduk di salah satu meja Lukman menggeleng. Tapi kemudian Lukman tertarik dengan kegiatan temannya yang sedang menumbuk, lalu ia menggoyang-goyang tangan kak Aas, dan bilang “Boleh?” sambil menunjuk temannya itu. Waaahhh manis bener, Lukman minta ijin dulu sama bu guru sebelum melakukan kegiatan😀

Beberapa hari yang lalu, saat kakak Reza baru selesai makan malam, Reza samperin saya yang sedang menemani Lukman yang mau tidur. Reza tanya ke saya “Mandi, Mama?”. Saya bingung, kok malam-malam mau mandi, memang sih karena acara penuh sore itu sampai dirumah Reza langsung makan, belum mandi sore. Karena bingung, Mamanya menjawab pertanyaan Reza dengan pertanyaan lagi “Mandi?”.

Mendadak Lukman nyeletuk : “Mandi boleh, Mama?” hihihihi adek Lukman pikir Mamanya nggak ngerti kalau satu kata mandi dari kakaknya itu maksudnya menanyakan harus mandi atau enggak. Dan Lukman berusaha membantu menjelaskan kepada Mamanya😀

Pagi ini, waktu baru naik mobil untuk diantar kesekolah, Lukman bilang “Orange? Anggur?” Mamanya baru sadar, lupa membawa sebotol susu UHT kesukaan Lukman yang biasa diminum dimobil. Memang biasanya saya meminta Lukman memilih antara dua pilihan flavor susu, untuk mengajarkannya membuat keputusan. Dan kalimat tanya itu yang Lukman tiru saat minta diambilkan susu.

Senang sekali Lukman sudah bisa berinisiatif untuk minta, walaupun dengan sepatah dua patah kata😀

2 thoughts on “Lukman Bertanya

  1. Jempol untuk Lukman dan salut untuk Mama-nya.
    btw shadow teacher-nya(ka Aan) khusus untuk Lukman atau seluruh anak2 di kelas, Lyn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s