Presentasi Dinosaurus (Lagi)

Hari Selasa yll, Reza bilang ke Mamanya “Mama, tadi bu guru lihat buku dino yg Reza bawa, terus bu guru bilang besok Reza presentasi tentang dino”. Mamanya tidak heran dengan cerita Reza itu, karena kejadian yang sama juga pernah dialaminya saat masih TK. Waktu itu Reza yang masih umur 4 tahun sakit cukup lama, dan guru kelas PGnya datang kerumah untuk menjenguk. Girang karena didatangi, Reza keluarin lah semua koleksi boneka dan buku-buku dinosaurusnya. Walaupun saat itu Reza belum bisa membaca, semua buku-buku dino sudah dibacakan untuknya, dan Reza hapal semua keterangan di buku-buku itu. Jadi saat guru PGnya dirumah, Reza menceritakan semua jenis dinosaurus yang diketahuinya. Bu guru terkesan, dan minta kalau Reza sudah masuk untuk membawa koleksi dinonya dan ceritakan kepada teman-temannya dikelas.

Mengingat pengalaman itu, saya langsung tanya pada Reza “Mau bawa apa untuk presentasinya?” Reza jawab “Buku yang Atlas Dinosaurus saja cukup satu Mama”. Karena Mamanya pikir Reza sudah cukup pengalaman melakukan presentasi di TKnya (tentang Dinosaurus, tentang Sumatera Barat Kampung Halaman Tercinta, tentang Adek Tersayang, tentang Binatang Kesayangannya) bahkan pernah dapat piala untuk presentasi terbaik, Mamanya tidak mempersiapkan apa-apa lagi.

Keesokan harinya waktu ditanyai “Bagaimana presentasinya tadi?” Reza jawab “Nggak jadi, kata bu guru hari Jumat aja” Walaupun heran, Mamanya nggak tanya lebih lanjut.

Hari Kamisnya, saat sampai dirumah sepulang sekolah, Reza bilang “Presentasinya nggak jadi, Mama” Mamanya tanya “Kenapa Reza?” dijawabnya “Nggak jadi aja”. Apa enggak cukup waktunya?” saya tanya lagi. Reza jawab “Nggak tau” kata Reza lagi. Akhirnya karena berpikir ada yang aneh nih, Mamanya nggak tanya lebih lanjut.

Malamnya Mamanya telepon bu guru, tanya ada apa sih sebenarnya, kok rencana presentasinya nggak jadi? Ternyata bu guru cerita bahwa Reza tidak mau maju saat diminta bercerita kedepan kelas. Alasannya? “Malu” kata bu guru. Waah, aneh sekali ya, bukan seperti Reza yang Mamanya tahu suka bicara didepan kelas nih. Tapi bu guru bilang besoknya masih ada kesempatan, setelah shalat Jumat akan ada waktu lagi untuk anak-anak yang ingin bercerita.

Hari ini saat sarapan pagi Mamanya bicara sama Reza, menanyakan kenapa Reza nggak mau presentasi. Jawabannya “Nggak mau aja, males”. Wahh Mamanya makin penasaran dong, terus nanya “Kan Reza suka dino, dan biasanya suka sekali diminta maju bercerita”. Reza jawab lagi, “Sekarang nggak suka, Mama”. Mamanya makin penasaran dong, dan nanya “Kenapa sih, takut diledekin teman?” Reza jawab “Nggak Mama”. Nah terus kenapa? Akhirnya karena sudah 15 menit kita bicara tapi jawaban Reza mentok di ‘Nggak mau aja’ Mamanya terus minta Reza ambil buku Atlas Dinosaurusnya. Mamanya buka buku itu dan bilang “Misalnya ya, Mama jadi Reza nih. Terus Mama bilang sama teman-teman : teman-teman tahu nggak, dulu itu dinosaurus ada diseluruh dunia lho” Rezanya nyeletuk “Kecuali di Indonesia”. Mamanya bilang “Oh gitu ya? Mama enggak tahu” sambil mbatin, mulai kepancing nih Reza. Mamanya terusin “Nah dinosaurus yang paling hebat tuh, dinosaurus yang…. (sambil nengok ke Reza)” Reza bilang “Tiranosaurus dong”. Terus Reza ambil tuh buku atlas dinonya dan membuka halaman tentang T-Rex. Singkatnya, Reza akhirnya mau deh maju nanti siang dikelas, dan kasih tahu teman-temannya tentang jenis-jenis dinosaurus favoritnya. Dia pergi kesekolah dengan riang, dan penuh semangat mau presentasi.

Saat dijemput, dan Mamanya ketemu bu guru, Mamanya tanya “Jadi nggak Reza presentasi bu?” Bu guru bilang “Jadi Ma, dan hebat lho presentasinya bagus sekali!” Bu guru sampai kasih lihat “Tadi saya rekam lho Ma, ini dia (sambil kasih HPnya)”. Rupanya begitu antusiasnya bu guru sampai merekam presentasinya Reza. Direkamannya itu kelihatan Reza lagi nunjuk2 buku yang ditaruh dipapan tulis, serius sekali gayanya….

Sesampai dirumah, Mamanya cek buku penghubung, melihat apakah ada tugas-tugas yang perlu dikerjakan Reza untuk weekend ini. Ternyata memang ada. Tapi yang bikin Mamanya senang, dibuku itu bu guru tulis kesan tentang presentasi Reza, seperti dibawah ini.
DSCN2638s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s