Main di KidZania

Pada pertemuan orangtua murid kelas Reza awal semester ini diputuskan outing akhir semester akan pergi ke KidZania. Wah waktu voting, sepertinya semua orangtua setuju untuk pergi kesana.

Setelah disurvey para guru, ditetapkanlah tanggal 14 Mei sebagai D day-nya. Reza sudah sangat excited, dan katanya mau bangun jam 2 pagi karena ngumpul jam 6 didekat sekolah untuk naik bus rombongan.

Mendengar Reza mau outing ke KidZania, Ivan jadi ngiri, dia belum pernah kesana, dan sudah lama juga kepingin tahu KidZania itu. Akhirnya diputuskanlah Mamanya ikut pergi ke KidZania menemani Ivan, berbarengan waktunya dengan saat rombongan kelasnya Reza pergi kesana.

Cuaca saat D day-nya mendung, tapi Reza tetap semangat, bangun pagi, makan sarapan pagi dengan cepat (diluar biasa🙂 ) dan jam 6 sudah duduk didalam bus yang siap melaju. Sepulang mengantarkan Reza ke bus, Mamanya pulang untuk jemput Ivan, dan berangkat ke KidZania.

Sampai di Pacific Place, walaupun lampu didalam mall tersebut belum seluruhnya menyala, sudah banyak bocah2 kecil yang datang, pastinya mau ke KidZania juga! Rombongan sekolah pun cukup banyak, mungkin minggu itu banyak yang libur karena kelas 6 SD sedang UAN.

Dipintu masuk Mamanya beli tiket berdua Ivan, dan diberikan kartu asuransi juga cek untuk modal bermainnya Ivan.

Masuk kedalam KidZania sudah ada pemandu yang mengarahkan agar kami naik ke lantai atas saja. Bagus juga, kalau enggak, wah habis waktu buat bingung2 dulu, mau ngapain dan mau ke area mana, walaupun sebelumnya kita sudah browsing dulu untuk cari profesi mana yang paling seru.

Dilantai atas kita bertemu dengan gurunya Reza, yang memberi tahu kalau Reza lagi ‘bekerja’ di pabrik pembotolan Aqua. Mamanya sempat foto Reza dan teman2nya dulu sebelum mereka mulai ‘kerja”

8 9

Ivan yang sudah gatal ingin lihat-lihat tempat lain akhirnya pisah dari Mamanya, dan ikut bekerja sebagai anggota parade🙂

7

Reza bisa menceritakan kembali dg detail proses pembotolan Aqua sama Papanya dirumah. Kebetulan Papanya paham banget proses itu dan cukup takjub dengan info yg akurat yg diberikan Kidzania.

Setelah dapat gaji bekerja di Aqua dan dapat souvenir baby bottle (preformed bottle) Reza terus jadi teknisi pipa Gas, dan masuk ke lorong bawah tanahnya KidZania menanggulangi kebocoran. Berhubung orangtua nggak boleh ikut masuk terowongan, Mamanya cuma nunggu diujung tunnelnya, mendengar suara2 heboh anak2 yang pura2 memperbaiki pipa gas.

10

Sementara itu Ivan mencari keterangan tentang bagaimana ikutan balap mobil di trek Formula😉. Dengan begitu saat mau ikutan balap Ivan sudah tahu bahwa peserta harus punya SIM dulu, dan untuk punya SIM harus medical check up di rumah sakit KidZania…. Kita juga sempat foto2 dulu sambil nungguin Reza keluar dari terowongannya.

6 2B

Selesai memperbaiki pipa gas, Reza berpisah dari rombongannya dan join Ivan mencari apa lagi profesi yang seru. Mereka sempat antri di Flight Simulator, tapi karena begitu banyak yang antri dan waktu mainnya masih 20 menit lagi, tanpa buang waktu mereka cari yang lain. Akhirnya melihat studio radio GenFM yang persis banget studio radio asli (mereka sudah pernah ke FeMale radio) mereka antri disana, nggak terlalu lama sekitar 5 menit-an. Asik tuh, serasa jadi penyiar kesayangan mereka, Paman Gery Puraatmadja hi hi hi….

14 15 16

Selesai siaran (dan dapat gaji lagi🙂 ) mereka sempat makan dulu. Rupanya karena seru main, walau belum jam makan siang perut mereka sudah keroncongan. Setelah ‘tenang’ karena perut sudah terisi, Reza minta diantarkan ke bank karena mau menguangkan cek modalnya dulu. Hmmmm senangnya dapat duit walaupun duit KidZos ya Reza…

11 12

Selesai makan mereka menuju ke pojok Sulap. Hmmmm idaman mereka banget tuh bisa main sulap seperti idola mereka di televisi.

Tidak hanya belajar sulap, mereka juga mempertunjukkan kebisaan barunya di panggung Main Square. Lucunya gaya mereka, seperti duo Master yang sudah mahir betul. Mamanya geliiii lihat gaya menghormat nya, menunduk dengan melipat tangan didepan perut😀

18 20

Setelah pertunjukan sulap itu, Ivan kepingin balapan mobil. Jadilah kita cari rumah sakit untuk medical checkup. Dari ‘dokter’ Ivan dan Reza dapat secarik kertas yang kemudian dibawa ke tempat pengambilan SIM. Disana antri lumayan panjang, banyak yg mau bikin SIM juga. Akhirnya mereka dapat juga, persis seperti SIM asli ya….

22 23 24

Begitu dapat SIM, lari deh mereka ke trek balapan. Wah yang antri banyaaaak sekali, bocah2 yang ingin jadi pembalap. Kasihannya, ada bocah2 yang nggak ngerti kalau mereka harus punya SIM dulu, jadi begitu kegiliran dan ditanyai mana SIMnya, terpaksalah mereka keluar dan mengurus dulu ke RS dan tempat pengambilan SIM.

Sebelum balapan pembalap2 ini di briefing terlebih dahulu, baik mengenai cara bermain maupun pemakaian helm dan jaket pengamannya. Lihat nih, sudah seperti pembalap beneran kan…

25 27

Selesai balapan, kondisi KidZania sudah sangat ramai. Tapi Ivan dan Reza masih semangat dan mencari kantor PLN. Walaupun antrian sudah cukup banyak, mereka sabar menunggu karena melihat kantor ini cukup banyak menerima ‘karyawan’. Disini mereka bertugas mengawasi jaringan listrik KidZania. Saat ada masalah, akan terlihat dilayar monitor, dan operator bertugas memberitahu ‘petugas lapangan’. Petugas lapangan kemudian mencari sumber masalah, dan memperbaikinya. Selama bekerja, mereka terus berkomunikasi dengan walkie talkie. Pokoknya seru banget, petugasnya berlari2, serius sekali memperbaiki kerusakan jaringan. Reza dan Ivan bertugas di kantor sebagai operator komputer. Gayanya sih boleeeehhh…..

31 32 33

Selesai bekerja di PLN sudah jam 13.30, sebentar lagi Reza harus keluar karena rombongan sekolahnya cuma sampai jam 14.00. Kepingin lihat lagi kelantai atas, kita buru-buru menaiki tangga. Sampai diatas, tadinya kita cuma mau lihat-lihat saja, tapi Ivan lagi-lagi jeli banget melihat ada kesempatan masih bisa bermain di Panorama Tours.  Masuklah mereka kesana. Sayang disana saat itu nggak menerima karyawan baru, tapi hanya melayani turis yang mau bepergian. Daftarlah Ivan dan Reza untuk pergi ketempat liburan idamannya. Ivan mau ke Eropa (nengokin kandangnya MU ya Van?) dan Reza mau ke Amerika. Mereka browsing sendiri di komputer untuk mendapatkan program darmawisata yang sesuai dengan keinginannya. Selesai tour, mereka dapatkan sertifikat kunjungan dari penyelenggara tour….

38 40 scan0001s

Dari Panorama, waktu sudah menunjukkan 14.15, sudah lewat dari waktunya Reza harus keluar, jadi kita langsung menuju pintu keluar, dibukakan tag-nya dan sempat foto Ivan dan Reza didepan pintu masuk KidZania.

COVER

Sebelum pulang, kita sempat makan eskrim dulu… mmm enyak enyak enyak….

41 43

Saat kita masih makan eskrim di lantai 4, Reza senyum sendiri. Mendapat pandangan bertanya dari Mamanya dia bilang: “Mengenang….” sambil senyum2…. hahaha rupanya dia lagi mengingat kembali pengalamannya barusan di Kidzania…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s