Dari Coretan Menjadi Bentuk

Artikel ini diambil dari website Sekolah Tetum http://www.sekolahtetum.org.

Dari gambar yang dibuat anak, kita dapat mengetahui tingkat perkembangan intelektualnya. Membandingkan kedua gambar Lukman yang dibuat dalam rentang waktu tujuh bulan ini, kita bisa menggali perkembangan yang dicapai Lukman. Pada gambar pertama, Lukman masih dalam tahap sensorimotor, kalau memakai teori Piaget, psikolog anak dari Swiss. Pada tahap ini anak memaknai dunia dengan tubuhnya. Kalau dia menggambar maka yang dia lakukan adalah kenikmatan melakukan goresan-goresan dengan menggerakkan tangan (scribble).

Pada gambar berikutnya, Lukman tampaknya sudah memasuki praoperasional, menurut Piaget juga. Dia sudah dapat menampilkan simbol-simbol bentuk dalam gambar. Gambar kedua ini dibuat setelah Kak Ria menjelaskan tentang lingkaran. Lukman, atas inisiatif sendiri, menggabungkan lingkaran-lingkaran itu menjadi bentuk wajah. Meskipun tahap praoperasional ini masih awal, Lukman sudah menunjukkan lompatan berarti!

clip_image001

Coret-coret Lukman di bulan April 2008. Pada saat itu Kak Ria meminta Kelas Darat membuat gambar diri.

clip_image0011

Gambar menyerupai wajah, dibuat pada bulan November 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s