TransJakarta Tour

Kemarin Lukman dan teman-temannya mencoba naik bus TransJakarta, atau yg akrab disebut ‘busway’. Sudah biasa? Nggak seru? Hmmmmm…. coba deh sodara2ku merasakan se-bus dengan 40an bocah-bocah umur 3 sd 6 tahun, dijamin nggak akan biasa-biasa aja, dan heboh banget! Hehehe….
dscn0707 dscn0700
Ya, Lukman dan teman satu sekolahnya PG/TK Tetum mencoba merasakan naik busway. Rutenya dari Ragunan, menyusuri Buncit-Kuningan-Dukuh Atas dan kembali lagi ke Ragunan.
Kami berangkat sekitar jam 9, setelah bersiap-siap, buat yang mau pipis, mau minum, diselesaikan dulu disekolah karena kita nggak akan berhenti dijalan, langsung kembali lagi ke Ragunan.
Lucunya, karena dari sekolahpun rombongan naik bus kecil plus mobil Lukman, ada anak-anak yang menyangka bus kecil itulah buswaynya🙂

dscn0703 dscn0701

Saat mau ke Ragunan, didalam mobil teman-temannya Lukman ramai berceloteh tentang keinginan masing-masing. Ada yang mau beli oleh-oleh di Ragunan (lucu ya), ada yang mau jajan (tapi bu guru kasih tahu, nggak boleh makan didalam busway) pokoknya macam-macam deh.Sampai disana anak-anak sudah tidak sabar untuk langsung naik busway. Tapi mereka harus berbaris dulu, dibagikan karcis satu-persatu dan dengan tertib naik ke busway dibantu pak petugas.

dscn0712 dscn0713
Waktu sudah diatas bus, mereka surprise, supir buswaynya perempuan lho, dan mereka berkenalan dengan Ibu Mila, supir yang ramah itu. Karena khusus rombongan, busway kami isinya khusus bocah-bocah dan guru-guru Tetum (plus satu anggota extra, Mamanya Lukman hehehe).

dscn0715 dscn0719

Saat busway mulai perjalanannya, anak-anak masih duduk manis dikursinya masing-masing. Lukman yang baru kali itu naik busway terlihat agak tegang, nggak tahu kenapa. Tangannya selalu pegang tangan Mamanya, atau tangan bu guru yang mendampinginya. Padahal Lukman sudah biasa naik bus besar kalau lagi piknik dengan rombongan kantor Papanya. Setengah perjalanan baru deh Lukman terlihat agak santai, dan melihat keluar jendela menikmati pemandangan.

dscn0720 dscn0741

Sebelum hari H guru-guru sudah memberikan formulir untuk diisi orangtua, menanyakan apakah ada ortu yang berkantor disepanjang rute itu.Nantinya ortu yang akan dilewati akan ditelepon HPnya, supaya bisa melambaikan tangan dari jendela kantor. Sepertinya nggak mungkin ya, tentunya mereka kan lagi sibuk bekerja…… Tapi ternyata ada lho, Papanya Zaki yang menyempatkan keluar dari gedung kantornya, hanya untuk melambai kepada anak tercinta. Anak-anak heboh, karena sebelumnya guru-guru hanya bisa menunjuk “Itu kantor Papanya si anu” atau “Itu kantor Mamanya si una” dan anak-anak cuma manggut-manggut. Tapi begitu lihat Papanya Zaki, saat dibilangin semua ikut dadah-dadah, seneng sekali.

Selain memandang keluar jendela, anak-anak juga tertarik dengan peralatan didalam bus. Ada yang tanya palu kuning disebelah jendela untuk apa, ada yang tanya tombol dekat setir untuk apa, ada yang mencoba bergelantungan dipegangan penumpangnya. Bu Mila dan pak Gatot kondekturnya dengan baik hati mau menjelaskan, dan memperbolehkan anak-anak bergantian memencet tombol biru untuk mengeluarkan suara pengumuman nama halte yang akan dilewati.

dscn0735 dscn0758 dscn0754

Sesampainya lagi di Ragunan, anak-anak dengan tertib keluar dari busway, naik ke bus/mobil ditempat parkir dan kembali kesekolah. Disekolah mereka sudah ditunggu hidangan makan siang yang simple tapi yummy, chicken nugget dan nasi pake abon hmmm….
Seperti kegiatan lain, murid-murid sengaja dibiarkan mandiri, makan sendiri walau dengan belepotan kemana-mana hehehe… Lukman sendiri langsung habisin nuggetnya, dan icip-icip abonnya. Wah kayanya Lukman suka tuh, tapi Lukman malah terus kabur keluar kelas nyari kupu-kupu. Akhirnya dibantuin suapin sama Mamanya deh, dan Lukman habisin nasi abonnya sampai licin!

dscn0767

2 thoughts on “TransJakarta Tour

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s