Ramadhan Yang Istimewa

Memang sih, bulan Ramadhan pasti selalu istimewa untuk umat Islam. Tapi untuk tahun ini, untuk kami Ramdhan makin istimewa karena Reza sudah  mulai belajar berpuasa. Setiap hari Reza ikut sahur dan berusaha puasa sampai sekuatnya, biasanya sampai jam 14.-15.00. Pernah juga Reza puasa sampai sehari penuh, ada dua kali Reza bisa kuat puasa sehari penuh. Selain belajar puasa, Reza juga mulai shalat dengan teratur. Setiap shalat subuh kami berjamaah, juga waktu Magrib diakhir pekan.

Biasanya adek Lukman tidak pernah ikut shalat, tapi suatu hari kebetulan Lukman sudah selesai makan sore saat adzan Magrib. Dengan penuh ingin tahu Lukman melihat kami siap-siap shalat, berwudhu dan menyusun sajadah. Melihat Lukman memperhatikan seperti itu, Mamanya bilang “Lukman ikut shalat ya?” dan menambahkan satu lagi sajadah kecil disamping sajadah kakaknya. Kemudian Reza ingatkan bahwa ada pecinya yang bisa dipakai Lukman. Jadi deh, Lukman siap shalat dengan peci putih dan sajadah kecilnya. Mukanya kelihatan berseri-seri, entah apa yang ada dipikirannya.

 

Saat shalat, Lukman cukup betah untuk ikuti semua gerakan sampai selesai, hanya dua kali panggil Mamanya. Sepanjang shalat Reza sibuk membetulkan gerakan Lukman sambil terkikik-kikik ketawa. Selesai shalatpun Lukman ikut mendengarkan doa Papanya sambil mengangkat kedua tangan kecilnya, diakhiri dengan salim dan cium pipi kakak dan PapaMamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s